Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Perbedaan besaran pokok dan besaran turunan yaitu dari segi satuannya. Besaran pokok satuannya ditetapkan atau didefinisikan terlebih dahulu, sedangkan besaran turunan satuannya diturunkan dari besaran pokok.

perbedaan besaran pokok dan besaran turunan

Halo adik-adik, kali ini kakak akan menjelaskan perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan. Sebagaimana yang diketahui, berdasarkan satuannya besaran fisika terbagi menjadi dua (2) jenis, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok ada tujuh, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Di luar dari tujuh besaran ini, dimasukkan ke dalam besaran turunan.

Beberapa contoh besaran turunan, antara lain; luas, volume, massa jenis, kecepatan, percepatan, gaya, tekanan, daya, usaha, dan lain-lain.

Lantas, apa perbedaan antara kedua besaran tersebut? Yuk, berikut ini kakak terangkan...

Perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan 

Besaran pokok dan besaran turunan dibedakan berdasarkan satuannya. Satuan besaran pokok merupakan satuan dasar yang telah ditetapkan atau didefinisikan terlebih dahulu. Penetapannya dilakukan oleh Lembaga Berat dan Ukuran Internasional (The International Bureau of Weights and Measures), BIPM.

Ada tujuh besaran pokok beserta satuannya yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. Berikut ini tabelnya:

Tabel Besaran Pokok, Satuan, dan Dimensi

No Besaran Pokok Satuan (SI) Dimensi
1 Panjang (l) Meter (m) L
2 Massa (m) Kilogram (kg) M
3 Waktu (t) Sekon (s) T
4 Suhu (T) Kelvin (K) θ
5 Kuat Arus Listrik (I) Ampere (A) I
6 Intensitas Cahaya (In) Candela (cd) J
7 Jumlah Zat (n) mol N

Sedangkan, besaran turunan satuannya berasal dari kombinasi beberapa satuan besaran pokok. Sebagai contoh, besaran turunan luas dan volume satuannya berasal dari besaran pokok panjang. Besaran turunan merupakan besaran terbanyak dalam fisika. Berikut ini beberapa di antaranya:

Tabel Besaran Turunan Lengkap Dimensi, dan Besaran Pokok penyusun

No Besaran Turunan Besaran Pokok Penyusun
1 Gaya massa, panjang, waktu
2 Usaha massa, panjang, waktu
3 Tekanan massa, panjang, waktu
4 Daya massa, panjang, waktu
5 Energi Kinetik massa, panjang, waktu

Untuk mengetahui bagaimana cara besaran turunan tersusun dari besaran pokok, kakak sarankan baca materi tentang dimensi satuan. Berikut ini beberapa di antaranya:

Kesimpulan

Jadi, perbedaan besaran pokok dan besaran turunan yaitu dari segi satuannya. Besaran pokok satuannya ditetapkan atau didefinisikan terlebih dahulu, sedangkan besaran turunan satuannya diturunkan dari besaran pokok.

Gimana adik-adik, udah paham kan perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan? Jangan bingung lagi yah saat mendapat pertanyaan serupa.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar