Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Dimensi Volume, Begini Cara Menentukannya

Halo adik-adik, tahukah kalian dimensi besaran volume? Nah, kali ini kakak akan menjelaskan cara menentukan atau mencari dimensi volume. Bagi kalian yang telah memahami materi sebelumnya tentang dimensi impuls, kalian juga pasti bisa menentukan dimensi volume, caranya sama kok.

Dimensi Volume

Dalam ilmu fisika, khususnya tentang besaran, dimensi merupakan bagian materi yang juga penting untuk dikuasai. Pemahaman yang baik tentang dimensi suatu besaran, akan memberikan kita pengetahuan tentang cara besaran itu tersusun dari besaran pokok.

Baiklah, kita mulai saja materinya...

Volume

Dalam fisika, volume didefinisikan penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati oleh suatu objek. Objek itu bisa berupa zat padat, cair, dan gas. Volume disimbolkan dengan V, satuannya dalam SI adalah meter kubik (m3).

Volume termasuk ke dalam besaran turunan karena besaran ini dihasilkan dari besaran pokok.

Dimensi Volume

Seperti apa bentuk dimensi volume? Terdapat dua cara untuk menentukan dimensi volume, yaitu pertama, menggunakan rumus dan kedua, menggunakan satuan. Berikut ini penjelasan dari dua cara tersebut:

1. Menentukan Dimensi volume Menggunakan Rumus Volume

Volume = panjang x lebar x tinggi
            = panjang x panjang x panjang
            = [L] x [L] x [L]
            = [L]3 (dimensi volume)

2. Menentukan Dimensi Volume Menggunakan Satuan Volume

Volume = m3
            = panjang3
            = [L]3 (dimensi volume)

Dari dimensi di atas, kita juga bisa mengetahui bahwa volume diturunkan atau tersusun dari besaran pokok panjang.

Gimana adik-adik, sangat mudah kan caranya? Kakak yakin kalian juga pasti bisa deh menentukan dimensi volume. Cara di atas bisa diterapkan untuk penentuan dimensi besaran lainnya.

Nah, sekian dulu materi kali ini, tanyakan di kolom komentar apabila masih ada bagian yang belum dipahami. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Dimensi Volume, Begini Cara Menentukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar