Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Dimensi Luas, Begini Cara Menentukannya

Halo adik-adik, tahukah kalian dimensi besaran luas? Nah, kali ini kakak akan menjelaskan cara menentukan atau mencari dimensi luas. Bagi kalian yang telah memahami materi sebelumnya tentang dimensi volume, kalian juga pasti bisa menentukan dimensi luas, caranya sama kok.

dimensi luas

Dalam ilmu fisika, khususnya tentang besaran, dimensi merupakan bagian materi yang juga penting untuk dikuasai. Pemahaman yang baik tentang dimensi suatu besaran, akan memberikan kita pengetahuan tentang cara besaran itu tersusun dari besaran pokok.

Baiklah, kita mulai saja materinya...

Luas

Dalam fisika, luas didefinisikan sebagai besaran yang menyatakan ukuran dua dimensi suatu bagian permukaan yang dibatasi dengan jelas, biasanya suatu daerah yang dibatasi oleh kurva tertutup. Luas disimbolkan dengan L, satuannya dalam SI adalah meter kuadrat (m2).

Luas termasuk ke dalam besaran turunan karena besaran ini dihasilkan dari besaran pokok.

Dimensi Luas

Seperti apa bentuk dimensi luas? Terdapat dua cara untuk menentukan dimensi luas, yaitu pertama, menggunakan rumus dan kedua, menggunakan satuan. Berikut ini penjelasan dari dua cara tersebut:

1. Menentukan Dimensi Luas Menggunakan Rumus Luas

Luas = panjang x lebar
        = panjang x panjang
        = [L] x [L]
        = [L]2 (dimensi luas)

2. Menentukan Dimensi Luas Menggunakan Satuan Luas

Luas = m2
        = panjang2
        = [L]2 (dimensi luas)

Dari dimensi di atas, kita juga bisa mengetahui bahwa luas diturunkan atau tersusun dari besaran pokok panjang.

Gimana adik-adik, sangat mudah kan caranya? Kakak yakin kalian juga pasti bisa deh menentukan dimensi luas. Cara di atas bisa diterapkan untuk penentuan dimensi besaran lainnya.

Nah, sekian dulu materi kali ini, tanyakan di kolom komentar apabila masih ada bagian yang belum dipahami. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Dimensi Luas, Begini Cara Menentukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar