Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Dimensi Gaya, Begini Cara Menentukannya

Halo adik-adik, kalian tahu tidak cara menentukan dimensi dari gaya? Belum tahu? Tenang aja, kakak akan menjelaskannya untuk kalian dalam materi kali ini. Dari hasil penelusuran yang kakak lakukan, ternyata banyak pelajar yang belum mengetahui bagaimana cara menentukan dimensi dari gaya.

dimensi gaya

Bagi kalian yang telah memahami materi sebelumnya tentang besaran turunan, kakak yakin pasti kalian sudah mampu menentukan dimensi gaya dengan benar. Sebab, di dalam materi tersebut, kakak telah menguraikan panjang lebar mengenai cara mencari dimensi suatu besaran turunan.

Namun, tidak apa-apa, kakak akan mengulangi penjelasan tersebut dalam materi kali ini. Secara khusus, kita akan membahas dimensi dari gaya. 

Baiklah, kita mulai saja materinya...

Besaran Gaya

Dalam ilmu fisika, gaya diartikan sebagai tarikan atau dorongan. Berdasarkan jenis besarannya, gaya termasuk ke dalam anggota besaran turunan karena berasal dari kombinasi beberapa besaran pokok.

Untuk mengetahui, bagaimana besaran gaya tersusun dari besaran pokok, maka bisa dilakukan dengan cara melihat satuan dan dimensinya.

Satuan populer untuk gaya adalah Newton, diambil dari nama seorang fisikawan terkenal Britania Raya, Isaac Newton. Satuan Newton sama dengan satuan kg.m/s2.

Dimensi Gaya

Ada dua cara untuk menentukan dimensi dari gaya, yaitu menggunakan rumus dan satuan gaya. Baiklah, kita akan coba satu per satu cara ini:

1. Menentukan Dimensi Gaya Melalui Rumus Gaya

Berikut ini adalah cara menentukan dimensi dari gaya menggunakan rumus gaya:

Gaya = massa x percepatan
         = massa x (kecepatan / waktu)
         = massa x (jarak/waktu) / waktu
         = [M] x ( [L] / [T] ) / [T]
         = [M] x [L] / [T] x 1 / [T]
         = [M] x [L] / [T]2, atau
         = [M][L][T]-2 (Dimensi gaya)

2. Menentukan Dimensi Gaya Melalui Satuan Gaya

Berikut ini adalah cara menentukan dimensi dari gaya menggunakan satuan gaya:

Gaya = kg.m/s2 
         = massa.panjang / waktu2
         = [M].[L] / [T]2, atau
         = [M][L][T]-2 (Dimensi gaya)

Berdasarkan dimensi gaya di atas, kita bisa mengetahui bahwa besaran gaya tersusun dari besaran pokok massa, panjang, dan waktu.

Nah, gimana adik-adik, udah paham kan bagaimana cara menentukan dimensi dari gaya. Terserah kalian, mau pakai cara yang mana. Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Dimensi Gaya, Begini Cara Menentukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar