Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Dimensi Kecepatan, Begini Cara Menentukannya

Halo adik-adik, kalian tahu tidak dimensi besaran kecepatan? Nah, kali ini kakak akan menjelaskan cara menentukan atau mencari dimensi kecepatan. Bagi kalian yang telah memahami materi sebelumnya tentang dimensi gaya, kalian juga pasti bisa menentukan dimensi kecepatan, caranya sama kok.

Dimensi Kecepatan, Begini Cara Menentukannya

Dalam ilmu fisika, khususnya tentang besaran, dimensi merupakan bagian materi yang penting dikuasai. Pemahaman yang baik tentang dimensi suatu besaran, akan memberikan kita pengetahuan tentang cara besaran itu tersusun dari besaran pokok.

Baiklah, kita mulai saja materinya...

Kecepatan

Dalam fisika, kecepatan didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Kecepatan disimbolkan dengan v, satuannya dalam SI adalah meter per sekon (m/s).

Kecepatan termasuk ke dalam besaran turunan karena besaran ini dihasilkan dari kombinasi beberapa besaran pokok.  

Dimensi Kecepatan

Seperti apa bentuk dimensi kecepatan? Terdapat dua cara untuk menentukan dimensi kecepatan, yaitu menggunakan rumus dan menggunakan satuan. Berikut ini rumus atau penjelasan dari dua cara tersebut:

1. Menentukan Dimensi Kecepatan Menggunakan Rumus Kecepatan

Kecepatan = jarak / waktu
                 = panjang / waktu
                 = [L] / [T], atau
                 = [L][T]-1 (dimensi kecepatan)

2. Menentukan Dimensi Kecepatan Menggunakan Satuan Kecepatan

Kecepatan = meter / sekon
                 = panjang / waktu
                 = [L] / [T], atau
                 = [L][T]-1 (dimensi kecepatan)

Dari dimensi di atas, kita juga bisa mengetahui bahwa kecepatan diturunkan atau tersusun dari besaran pokok panjang dan waktu.

Gimana adik-adik, sangat mudah kan caranya? Kakak yakin kalian juga pasti bisa deh menentukan dimensi kecepatan. Cara di atas bisa diterapkan untuk penentuan dimensi semua besaran.

Nah, sekian dulu materi kali ini, tanyakan di kolom komentar apabila masih ada bagian yang belum dipahami. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Dimensi Kecepatan, Begini Cara Menentukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar