Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Nasi Menjadi Basi Termasuk Perubahan? Ini Penjelasannya

Menurut kalian, nasi menjadi basi termasuk perubahan apa? Fisika atau kimia? Gak usah bingung, yuk cari tahu penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di materi kali ini kita akan belajar tentang proses perubahan yang terjadi pada nasi, dari sebelumnya tidak basi menjadi basi.

Kalian pasti pernah melihat nasi basi di rumah, biasanya nasi yang tidak sempat dimakan kemudian dibiarkan berhari-hari hingga akhirnya nasi tersebut basi.

Nasi yang awalnya tidak basi menjadi basi bisa dikatakan telah mengalami perubahan, nah yang menjadi pertanyaan, jenis perubahan apakah yang terjadi?

Di dalam IPA sendiri dikenal 2 jenis perubahan, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia, kira-kira manakah di antara kedua perubahan ini yang terjadi pada nasi?

Nah, untuk menjawab ini, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Perubahan pada Nasi Basi

Nasi Menjadi Basi Termasuk Perubahan

Untuk diketahui, proses berubahnya nasi menjadi basi termasuk ke dalam contoh perubahan kimia karena telah terbentuk zat kimia baru yang dibuktikan oleh munculnya aroma menyengat.

Terjadinya perubahan kimia pada nasi disebabkan oleh mikroorganisme, seperti jamur dan bakteri yang memicu terjadinya proses pembusukan.

Mikroorganisme pembusuk ini akan mengeluarkan enzim-enzim yang akan menguraikan struktur kimia karbohidrat nasi menjadi zat lain.

Kehadiran zat-zat lain itu bisa diketahui dari berubahnya tekstur nasi menjadi berair atau berlendir yang disertai dengan aroma tidak sedap.

Kesimpulan

Jadi, proses berubahnya nasi menjadi basi termasuk ke dalam contoh perubahan kimia karena telah terbentuk zat kimia baru yang dibuktikan oleh munculnya aroma menyengat.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang perubahan yang terjadi pada nasi basi, bagikan penjelasan ini agar teman yang lain bisa membacanya, terima kasih.

BAGIKAN:

Nasi Menjadi Basi Termasuk Perubahan? Ini Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar