Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Pembusukan Buah Apel Termasuk Perubahan? Ini Penjelasannya

Menurut kalian, proses pembusukan buah apel termasuk perubahan apa? Fisika atau kimia? Gak usah bingung, cari tahu penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat, di materi kali ini kakak akan menjelaskan proses perubahan yang terjadi pada buah apel, dari yang sebelumnya baik/segar, kemudian menjadi busuk.

Kalian pasti pernah melihat sebuah apel busuk, di pasar banyak tuh, sebenarnya buah apel itu pada awalnya tidak busuk, tetapi karena telah berhari-hari, akhirnya terjadi pembusukan.

Sehingga, bisa dikatakan buah apel itu telah mengalami proses perubahan, nah yang menjadi pertanyaan, jenis perubahan apakah yang terjadi?

Perubahan menurut IPA itu ada 2 jenis, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia, kira-kira manakah di antara kedua jenis perubahan ini yang dialami oleh buah apel?

Nah, untuk menjawab ini, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Pembusukan Buah Apel

Pembusukan Buah Apel Perubahan Apa

Penting diketahui bahwa, pembusukan buah apel itu termasuk ke dalam jenis perubahan kimia karena telah terbentuk zat kimia baru yang dibuktikan oleh adanya perubahan warna dan bau busuk.

Terjadinya perubahan kimia pada apel tersebut bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu bakteri dan reaksi oksidasi antara oksigen dengan zat-zat apel ketika dibiarkan di tempat terbuka.

Bakteri pembusuk akan mengeluarkan enzim-enzim yang akan menguraikan susunan kimia zat apel sehingga menjadi zat lain.

Sementara itu, proses pembusukan apel karena oksigen lebih sering terjadi pada apel yang telah dikupas kulitnya membuat oksigen masuk ke dalam daging buah memicu proses pembusukan.

Kesimpulan

Jadi, pembusukan pada buah apel itu termasuk ke dalam jenis perubahan kimia karena telah terbentuk zat kimia baru yang dibuktikan oleh adanya perubahan warna dan bau busuk.

Demikianlah penjelasan tentang pembusukan buah apel termasuk perubahan kimia, bagikan penjelasan ini agar teman yang lain juga bisa membacanya, terima kasih.

BAGIKAN:

Pembusukan Buah Apel Termasuk Perubahan? Ini Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar