Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Penguraian Sampah Termasuk Perubahan? Ini Penjelasannya

Menurut kalian, proses penguraian sampah termasuk perubahan apa? Fisika atau kimia? Gak usah bingung, cari tahu penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di materi kali ini kakak akan menjelaskan proses perubahan yang terjadi pada sampah, dari yang sebelumnya tidak terurai menjadi terurai.

Kalian pasti pernah melihat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, yaitu suatu tempat yang menjadi akhir pembuangan dari seluruh sampah dan limbah warga suatu kota.

Begitu banyaknya sampah yang terkumpul di tempat ini sampai membentuk gunungan sampah membumbung tinggi hingga puluhan meter.

Di sinilah pentingnya proses penguraian agar sampah-sampah itu bisa hancur untuk mencegah semakin banyaknya penumpukan.

Dari keadaan belum terurai kemudian menjadi terurai, bisa dikatakan bahwa sampah telah mengalami proses perubahan.

Pertanyaannya adalah jenis perubahan apakah yang terjadi? Apakah perubahan fisika atau kimia?

Nah, untuk menjawabnya langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Penguraian Sampah

Penguraian Sampah Termasuk Perubahan?

Untuk diketahui, proses penguraian sampah di tempat penampungan termasuk ke dalam jenis perubahan kimia karena telah terbentuk zat kimia baru berupa gas-gas sebagai hasil reaksi kimia.

Terjadinya perubahan kimia pada sampah tersebut bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu secara alami melalui bakteri pengurai dan secara buatan melalui aktivitas pembakaran.

Bakteri pengurai akan mengelurkan zat-zat yang akan mengurai susunan kimia sampah dan menghasilkan gas metana sebagai zat sisa penguraian.

Sementara itu, proses penguraian sampah karena pembakaran lebih sering dilakukan pada sampah-sampah yang sulit dihancurkan oleh bakteri dan menghasilkan gas hasil pembakaran.

Kesimpulan

Jadi, penguraian sampah termasuk ke dalam contoh perubahan kimia karena telah terbentuk zat kimia baru yang dibuktikan oleh adanya gas-gas sisa hasil penguraian.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang proses penguraian sampah termasuk perubahan kimia, bagikan penjelasan ini agar teman yang lain bisa membacanya, terima kasih.

BAGIKAN:

Penguraian Sampah Termasuk Perubahan? Ini Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar