Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Jawaban Aktivitas 1.6 Buku IPA SMA Kelas 10

Mau tahu kunci jawaban dari pertanyaan aktivitas 1.6 di dalam buku IPA? Gak usah bingung, kakak telah membahasnya secara tuntas di materi ini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di materi kali ini kita akan menjawab pertanyaan yang ada di dalam aktivitas 1.6 buku IPA terbaru Kurikulum Merdeka kelas 10 SMA halaman 15.

Aktivitas 1.6 ini masih merupakan rangkaian aktivitas yang ada di dalam Bab 1 tentang Pengukuran dalam Kegiatan Kerja Ilmiah.

Sebelumnya, kita telah menuntaskan pembahasan aktivitas 1.1 sampai dengan 1.5, kakak harap kalian telah memahami semua pembahasannya.

Jika dilihat dari pertanyaannya, aktivitas 1.6 ini bertujuan untuk melatih pengetahuan kalian seputar kesalahan-kesalahan dalam pengukuran.

Olehnya itu, pembahasan ini sangat penting agar kalian bisa mengetahui kemudian menghindari terjadinya kesalahan pengukuran yang bisa membuat hasil pengukuran tidak akurat.

Eh iya, sebelum lanjut, penting kakak ingatkan agar berhati-hati mengambil jawaban dari situs web lain, khususnya situs web berita, karena kakak lihat banyak yang salah jawabannya.

Wajar sih, karena hanya ditulis oleh wartawan yang tidak mengerti IPA.

Jadi, jangan asal mengambil jawaban yah di google, kalian harus jeli memilih jawaban yang benar.

Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Kunci Jawaban Aktivitas 1.6 Buku IPA Kelas 10 SMA

Jawaban Aktivitas 1.6 Buku IPA Kelas 10 SMA

Berikut ini adalah pertanyaan sekaligus jawaban dari aktivitas 1.6 buku IPA kurikulum Merdeka kelas 10 SMA halaman 15:

Pertanyaan:

Kalian telah mengetahui bahwa pada setiap pengukuran tentu ada faktor kesalahan. Mari bersama-sama mencari apa saja faktor kesalahan tersebut?

Carilah informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesalahan pengukuran.

Jawaban:

Faktor-faktor yang bisa menyebabkan kesalahan pengukuran dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu:

1. Kesalahan Internal

Kesalahan internal adalah kesalahan yang disebabkan oleh keterbatasan pengamat saat melakukan pengukuran.

2. Kesalahan Sistematik

Kesalahan sistematik adalah kesalahan yang disebabkan oleh alat ukur dan lingkungan di sekitar alat yang memengaruhi kinerja alat ukur. Kesalahan sistematik terdiri dari:

  • Kesalahan kalibrasi: kesalahan pada waktu pembuatan atau pencocokan alat ukur sehingga setiap kali alat tersebut digunakan, kesalahan selalu muncul pada hasil pengukuran.
  • Kesalahan titik nol: titik nol skala alat ukur tidak berimpit dengan jarum penunjuk alat ukur.
  • Kelelahan komponen alat: kesalahan ini sering terjadi pada pegas, biasanya akan lembek setelah lama dipakai, sehingga mempengaruhi hasil pengukuran.
  • Gesekan: kesalahan ini timbul akibat gesekan pada bagian-bagian alat yang bergerak.
  • Paralaks: kesalahan ini terjadi apabila pada saat membaca skala alat ukur, posisi mata tidak tegak lurus terhadap jarum penunjuk atau skala alat ukur.

3. Kesalahan Acak

Kesalahan acak adalah kesalahan yang terjadi karena adanya fluktuasi-fluktuasi halus pada saat melakukan pengukuran, misalnya:

  • Adanya gerakan Brown molekul udara
  • Fuktuasi tegangan listrik
  • Landasan bergeratar
  • Bising
  • Radiasi.

Gimana, sangat mudah bukan menjawab pertanyaan aktivitas 1.6? Kalian bisa memindahkan penjelasan di atas ke buku latihan.

Kalian juga bisa mengirimkan pertanyaan di kolom komentar, kakak akan bantu menjawabnya.

Lanjut Ke: Kunci Jawaban Aktivitas 1.7

Lihat Juga:

Demikianlah kunci jawaban aktivitas 1.6 buku IPA kurikulum Merdeka kelas 10 SMA, bagikan ke semua MEDSOS yang kalian punya agar teman yang lain bisa membacanya, terima kasih.

BAGIKAN:

Jawaban Aktivitas 1.6 Buku IPA SMA Kelas 10 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar