Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Jawaban Aktivitas 1.4 Buku IPA Kelas 10 SMA

Mau tahu kunci jawaban atau pembahasan aktivitas 1.4 buku IPA? Tenang saja, di sini kakak telah menjelaskan semuanya dengan benar.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di materi kali ini kakak akan membahas jawaban dari pertanyaan dalam aktivitas 1.4 halaman 12 buku IPA terbaru SMA kelas 10 kurikulum Merdeka Belajar.

Jika di depan kalian ada bukunya, sekarang buka halaman 12 untuk melihat pertanyaan apa saja yang ada di dalam aktivitas 1.4.

Sebelumnya, kita telah menuntaskan pembahasan aktivitas 1.3, meskipun pertanyaannya banyak banget, tetapi semuanya telah kita jawab dengan benar.

Sebenarnya, di aktivitas 1.4 ini kalian akan disuruh praktek pengukuran oleh guru menggunakan 3 alat ukur panjang, yaitu mikrometer sekrup, jangka sorong, dan penggaris.

Ketiga alat tersebut akan digunakan untuk mengukur benda yang sama, kemudian menuliskan dan membandingkan hasil pengukurannya.

Tenang saja, semua pertanyaannya gampang kok, kakak akan membantu kalian menyelesaikan semuanya.

Eh iya, sebelum lanjut, penting kakak ingatkan agar berhati-hati mengambil jawaban dari situs web lain, khususnya situs web berita, karena kakak lihat banyak yang salah jawabannya.

Wajar sih, karena hanya ditulis oleh wartawan yang tidak mengerti IPA.

Jadi, jangan asal mengambil jawaban yah di google, kalian harus jeli memilih jawaban yang benar.

Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Kunci Jawaban Aktivitas 1.4 Buku IPA Kelas 10 SMA

Pembahasan Aktivitas 1.4 Buku IPA Kelas 10 SMA

1. Kalian akan mengukur satu benda yang sama, dengan menggunakan tiga alat ukur yang berbeda. Menurut pendapat kalian, apakah hasil pengukurannya akan sama atau berbeda? Jelaskan alasannya.

Jawab:

Hasil pengukurannya akan berbeda, alasannya adalah karena masing-masing alat memiliki ketelitian yang berbeda sehingga akan menghasilkan perbedaan nilai pengukuran dalam rentang beberapa milimeter (mm).

2. Salinlah dan isi tabel dengan hasil pengukuran ketiga alat tersebut pada buku latihan Kalian.

Jawab:

Untuk pertanyaan nomor 2 ini, kalian sendiri yang menjawabnya sebab berkaitan dengan praktek pengukuran.

3. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan, adakah besaran yang diukur dengan alat ukur yang tidak sesuai? Besaran apa saja yang diukur dengan alat ukur yang tidak sesuai? Jelaskan mengapa alat ukurnya tidak sesuai?

Jawab:

Ada, yaitu:

  • Diameter dalam dan diameter luar tutup botol, harusnya tidak diukur dengan penggaris dan mikrometer sekrup, alasannya adalah karena penggaris dan mikrometer sekrup tidak memiliki rahang dalam dan rahang luar untuk pengukuran diameter dengan akurat.
  • Panjang botol, panjang buku tulis, dan lebar buku tulis, harusnya tidak diukur dengan jangka sorong dan mikrometer sekrup, alasannya karena bentuk alat ukurnya kurang mendukung untuk pengukuran benda-benda tersebut.

4. Berdasarkan hasil perbandingan hasil pengukuran yang kalian dapatkan, alat ukur apa yang cocok dan tidak cocok untuk mengukur diameter baut? Seberapa teliti pengukurannya? Jelaskan alasannya.

Jawab:

  • Alat ukur yang cocok untuk mengukur diameter baut adalah jangka sorong dengan ketelitian sampai 0,025 mm, alasannya karena jangka sorong memiliki rahang dalam yang sangat cocok untuk pengukuran diameter.
  • Alat ukur yang tidak cocok untuk mengukur diameter baut adalah penggaris dan mikrometer sekrup karena proses pengukurannya sulit sehingga hasilnya tidak akurat.

Gimana, sangat mudah bukan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas? Langsung saja pindahkan ke buku latihan.

Baca Juga:

Lanjut ke:

Demikianlah pembahasan dari soal aktivitas 1.4 buku IPA kelas 10 SMA, bagikan ke semua MEDSOS yang kalian punya agar teman yang lain bisa membacanya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Jawaban Aktivitas 1.4 Buku IPA Kelas 10 SMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar