Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Dimensi Massa Jenis, Begini Cara Mencarinya

Halo adik-adik, tahukah kalian dimensi besaran massa jenis? Nah, kali ini kakak akan menjelaskan cara menentukan atau mencari dimensi massa jenis. Bagi kalian yang telah memahami materi sebelumnya tentang dimensi volume, kalian juga pasti bisa menentukan dimensi massa jenis, caranya sama kok.

dimensi massa jenis

Dalam ilmu fisika, khususnya tentang besaran, dimensi besaran merupakan bagian materi yang juga penting untuk dikuasai. Pemahaman yang baik tentang dimensi suatu besaran, akan memberikan kita pengetahuan tentang cara besaran itu tersusun dari besaran pokok.

Baiklah, kita mulai saja materinya...

Massa Jenis

Dalam fisika, massa jenis didefinisikan massa jenis adalah ukuran kerapatan suatu zat, yaitu perbandingan antara massa zat dengan volume zat tersebut.. Zat itu bisa berupa zat padat, cair, dan gas. Massa jenis disimbolkan dengan (ρ), dibaca rho, satuannya dalam SI adalah kilogram per meter kubik (kg/m3).

Massa jenis termasuk ke dalam besaran turunan karena besaran ini dihasilkan dari besaran pokok.

Dimensi Massa Jenis

Seperti apa bentuk dimensi massa jenis? Terdapat dua cara untuk menentukan dimensi massa jenis, yaitu pertama, menggunakan rumus dan kedua, menggunakan satuan. Berikut ini bentuk analisis dari dua cara tersebut:

1. Menentukan Dimensi Massa Jenis Menggunakan Rumus Massa Jenis

Massa Jenis = Massa / Volume
                   = Massa / panjang x lebar x tinggi
                   = [M] / [L] x [L] x [L]
                   = [M] /[L]3atau
                   = [M][L]-3 (Dimensi Massa Jenis)

2. Menentukan Dimensi Massa Jenis Menggunakan Satuan Massa Jenis

Massa Jenis = kg/m3
                   = massa/panjang3           
                   = [M] /[L]3atau
                   = [M][L]-3 (Dimensi Massa Jenis)

Dari dimensi di atas, kita juga bisa mengetahui bahwa massa jenis diturunkan atau tersusun dari besaran pokok massa dan panjang.

Gimana adik-adik, sangat mudah kan caranya? Kakak yakin kalian juga pasti bisa deh menentukan dimensi massa jenis. Cara di atas bisa diterapkan untuk penentuan dimensi besaran lainnya.

Nah, sekian dulu materi kali ini, tanyakan di kolom komentar apabila masih ada bagian yang belum dipahami. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Dimensi Massa Jenis, Begini Cara Mencarinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar