Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Fisika Sebagai Produk (Penjelasan Lengkap)

Hai semua, kali ini penjelasan dari hakikat fisika akan kakak lanjutkan kembali. Sekarang ini kita telah sampai di poin terakhir, yaitu fisika sebagai produk. Bagi kalian yang belum membaca poin sebelumnya, kalian bisa membacanya di sini: Fisika sebagai Sikap dan Fisika sebagai Proses.

Fisika sebagai Produk

fisika sebagai produk

Kalian yang membaca artikel ini, mungkin sedang mendapatkan pertanyaan dari guru. Biasanya, bunyi pertanyaannya begini; "Apa yang dimaksud fisika sebagai produk?". Jadi, pertanyaan ini bisa kalian dapatkan jawabannya dalam pembahasan tentang hakikat fisika. Namun, kalian tenang saja, karena kakak akan menjelaskannya secara tuntas di sini.

Materi hakikat fisika itu sendiri merupakan materi pengantar sebelum mempelajari fisika lebih jauh. Bisa juga disebut sebagai materi pengenalan ilmu fisika kepada para siswa di tahun ajaran baru ini. Jadi, kalian belum akan mendapatkan rumus-rumus di materi ini.

Baiklah, kita mulai saja materinya...

Fisika sebagai Produk (A Body Knowledge)

Fisika sebagai produk atau a body knowledge, maksudnya adalah fisika merupakan kumpulan pengetahuan yang mempelajari kejadian-kejadian di alam. Kejadian tersebut ditangkap oleh indera manusia, misalnya ada cahaya yang ditangkap oleh mata. Adapun ringkasan untuk mendapatkan pengetahuan sebagai berikut:
diagram fisika sebagai produk
Diagram di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:
Beberapa kejadian bisa terjadi di lingkungan sekitar kita. Indera manusia akan menangkap kejadian-kejadian tersebut. Oleh karena rasa ingin tahu yang tinggi, beberapa ilmuwan melakukan proses penyelidikan terhadap kejadian tersebut dengan cara mengumpulkan informasi, melakukan percobaan sehingga diperoleh bukti-bukti fisik (hasil penyelidikan) yang berbentuk data hasil percobaan. Data itulah yang kemudian dianalisis lebih lanjut untuk menghasilkan produk berupa fakta, konsep, prinsip, hukum, rumus, teori, dan model.
Fisika sebagai produk bermakna bahwa dalam fisika terdapat sejumlah pengetahuan yang telah dihasilkan oleh para ilmuwan, meliputi: fakta, konsep, prinsip, hukum, rumus, teori, dan model.

Contoh Fisika sebagai Produk

Berikut ini beberapa contoh fisika sebagai sebagai produk:
  • Fakta: Logam ketika dipanaskan akan memuai, gravitasi di setiap tempat berbeda-beda
  • Konsep: Besaran dan Satuan, Pengukuran, Wujud Zat, dan lain-lain
  • Hukum: Hukum Newton, Hukum Archimedes, Hukum Pascal, dan lain-lain
  • Rumus: Rumus Gaya, Rumus Gaya Apung, Rumus Tekanan Hidrostatis, dan lain-lain
  • Teori: Teori Relativitas, Teori Listrik Magnet, Teori Atom, dan lain-lain
  • Model: Model sayap pesawat terbang, model aliran fluida, model atom
Nah, udah paham kan maksud dari fisika sebagai produk? Jadi, jangan bingung lagi yah ketika ada pertanyaan tentang fisika sebagai produk, gunakan aja penjelasan di atas untuk menjawabnya. Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman-teman lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Fisika Sebagai Produk (Penjelasan Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

2 komentar:

  1. Sebagai prinsip dan visualisasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip contohnya sama dengan konsep dan hukum. Sedangkan, visualisasi sama dengan model.

      Hapus