Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Fisika Sebagai Proses (Penjelasan Lengkap)

Adik-adik, tahukah kalian apa maksud dari fisika sebagai proses? Pertanyaan ini mungkin sedang kalian dapatkan dari guru di sekolah. Baiklah, kakak akan bantu menjelaskan maksudnya. Bagi kalian yang telah membaca materi sebelumnya tentang Hakikat Fisika, pasti telah mengetahui bahwa fisika sebagai proses merupakan satu di antara tiga poin dari hakikat fisika. 
fisika sebagai proses

Coba kalian sebutkan, apa saja ketiga poin tersebut? Yah benar, hakikat fisika terdiri dari; fisika sebagai proses, fisika sebagai produk, fisika sebagai proses, dan fisika sebagai sikap. Untuk materi fisika sebagai sikap, telah kita bahas juga di materi sebelumnya, kalian bisa membacanya di sini: Fisika sebagai Sikap.

Baiklah, kita mulai saja materinya....

Fisika Sebagai Proses (A Way of Investigating)

Fisika sebagai proses atau a way of investigating, maksudnya adalah gambaran tentang cara yang digunakan ilmu fisika dalam mengumpulkan pengetahuan. Informasi dikumpulkan melalui proses percobaan dengan menggunakan metode ilmiah yang sistematis sehingga menghasilkan produk yang bisa dipertanggungjawabkan.

Jadi, fisika sebagai proses ini berbicara tentang cara, teknik, atau metode yang digunakan oleh ilmu fisika dalam membangun keseluruhan pengetahuannya. Mungkin, ada di antara kalian yang bertanya, emang seperti apa sih caranya? Baiklah, kakak akan jelaskan lebih lanjut. 

Sebenarnya, fisika sebagai proses ini sangat erat kaitannya dengan fenomena, dugaan, pengamatan, pengukuran, penyelidikan, dan publikasi. Kakak sebut saja alur dari fisika sebagai proses. 

Alur Fisika Sebagai Proses

Fisika sebagai proses terdiri dari fenomena, dugaan, pengamatan, pengukuran, penyelidikan, dan publikasi.

1. Fenomena

Proses keilmuwan dalam fisika dimulai dari adanya fenomena yang mengundang rasa ingin tahu ilmuwan. Fenomena tersebut seputar materi dan energi yang menjadi ruang lingkup dari ilmu fisika. Fenomena yang sangat sederhana pun tidak luput dari perhatian ilmuwan. Masih ingat cerita Sir Isaac Newton awal mula merumuskan teori gravitasinya? Teori itu lahir dari peristiwan jatuhnya sebuah apel yang sempat mengenai kepala Newton.

2. Dugaan

Setelah melihat fenomena, selanjutnya ilmuwan akan menduga-duga penyebab dari fenomena tersebut. Dugaan tersebut sifatnya sementara karena belum dibuktikan kebenarannya. Dalam kasus apel di atas, Newton menduga bahwa ada semacam kekuatan yang menarik apel tersebut sehingga jatuh ke bawah. 

3. Pengamatan

Ilmuwan pun melakukan pengamatan yang dilakukan secara sengaja untuk menguak rahasia fenomena yang baru saja dilihatnya. Pengamatan itu bertujuan untuk melihat secara mendetail segala hal yang berkaitan dengan objek atau materi dalam fenomena tersebut.

4. Pengukuran

Sembari melakukan pengamatan, ilmuwan pun mengambil data-data pengamatan melalui serangkaian pengukuran. Kuantitas suatu objek atau materi diukur dengan alat ukur dan aturan-aturan tertentu agar kuantitas yang diperoleh benar-benar mewakili sifat dari fenomena yang dimaksud.

5. Penyelidikan

Setelah data hasil pengukuran diperoleh, selanjutnya ilmuwan akan menyelidiki seluruh data untuk mencari seluruh kaitan atau hubungan dari suatu fenomena. Penyelidikan yang benar akan menghasilkan kesimpulan yang benar.

6. Publikasi

Setelah melakukan penyelidikan dan mendapatkan kesimpulan yang benar, selanjutnya ilmuwan akan mempublikasikan hasil-hasil temuannya agar bisa diketahui oleh khalayak ramai seputar fenomena apa yang sedang teliti, bagaimana cara menelitinya, dan seperti apa hasilnya.

Contoh Fisika sebagai Proses

Berikut ini contoh yang menunjukkan fisika sebagai proses:
  • Fenomena: kekasaran permukaan bidang dan gaya gesek
  • Dugaan: semakin kasar bidang sentuh suatu benda, semakin besar pula gaya geseknya
  • Pengamatan: balok diluncurkan pada permukaan bidang yang kekasarannya berbeda-beda
  • Pengukuran: mencatat waktu dan kecepatan balok meluncur, mulai saat dilepaskan sampai menyentuh lantai
  • Penyelidikan: menganalisis data pengukuran untuk mencari hubungan waktu dan kecepatan dengan kekasaran bidang
  • Publikasi: mempublikasikan seluruh proses dalam bentuk karya ilmiah
Bagaimana adik-adik? Udah paham kan maksud dari fisika sebagai proses? Nah, kalian juga bisa membagikan materi ini agar teman-teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Fisika Sebagai Proses (Penjelasan Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar