Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Fisika Sebagai Sikap (Penjelasan Lengkap)

Apa kabar adik-adik? Jumpa kembali bersama kakak di website kesayangan kita bersama, fisika.co.id. Kali ini kakak akan menjelaskan maksud dari fisika sebagai sikap. Kalian pasti baru saja mendapatkan pertanyaan ini dari guru di sekolah, yaitu apa maksud fisika sebagai sikap? Iya kan? Maka dari itu, baca materi ini sampai tuntas untuk memahami maksud dari fisika sebagai sikap.

Fisika Sebagai Sikap

maksud fisika sebagai sikap

Fisika sebagai sikap merupakan satu di antara tiga poin hakikat fisika. Hakikat fisika itu sendiri terdiri dari fisika sebagai produk, fisika sebagai proses, dan fisika sebagai sikap. Nantinya, kakak akan menjelaskan secara terperinci masing-masing poin dari hakikat fisika tersebut.

Baiklah, kita mulai saja materinya...

Fisika Sebagai Sikap (A Way of Thinking)

Fisika sebagai sikap atau a way of thinking maksudnya adalah fisika sebagai salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam memiliki karakter atau sikap ilmiah yang melekat kuat, seperti bertanggung jawab, jujur, objektif, terbuka, rasa ingin tahu, percaya diri, dan lain-lain.

Selama proses untuk mewujudkan produk fisika diperlukan pemikiran dan kreatifitas para ilmuwan. Dalam proses berpikir tentu harus diiringi sikap ilmiah. Adapun sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan adalah:
  • Rasa ingin tahu, sikap ini ditunjukkan dengan suka bertanya tentang objek atau peristiwa, kebiasaan menggunakan alat indera sebanyak mungkin untuk menyelidiki suatu masalah.
  • Kritis. Sikap ini ditunjukkan dengan tidak langsung menerima kesimpulan tanpa adanya bukti yang kuat, bersedia mengubah kesimpulan sesuai dengan bukti.
  • Objektif. Sikap ini ditunjukkan dengan menuliskan hal-hal yang dilihat, dirasakan dan diamati sesuai dengan yang sebenarnya. Sikap ini juga bisa diartikan dengan jujur pada diri sendiri terhadap hasil percobaan.
  • Tekun dan tidak mudah putus asa. Sikap ini ditunjukkan dengan tidak pernah bosan menyelidiki meskipun menghadapi kegagalan atau percobaan mengalami kendala.
  • Terbuka. Sikap ini ditunjukkan dengan menghargai pendapat orang lain atau menghargai hasil percobaan orang lain yang tidak sesuai dengan hasil percobaannya, berpikir positif, menerima kritik, dan saran.
  • Bertanggung Jawab. Sikap ini ditunjukkan dengan tidak menghindari jika ada kesalahan saat menjalani penyelidikan, menerima kesalahan yang diperbuat.

Contoh Fisika sebagai Sikap 

Contoh fisika sebagai sikap antara lain:
  • Rasa ingin tahu yang tinggi terhadap fenomena yang muncul di sekitar
  • Membuktikan sendiri benar atau tidaknya sebuah kesimpulan
  • Tidak mudah menyerah dalam melakukan proses ilmiah
  • Mudah menerima pendapat orang lain dan mengakui kesalahan
  • Siap mempertanggungjawabkan semua hasil penelitian
Gimana? Udah paham kan maksud dari fisika sebagai sikap? Nah, bagikan materi ini agar teman-teman lainnya bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Ainiyah, Kurrotul. 2018. Bedah Fisika Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Fisika Sebagai Sikap (Penjelasan Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar