Kecepatan Termasuk Besaran? Ini Penjelasannya

Daftar Isi

Tahukah kalian kecepatan itu termasuk besaran apa? Gak usah bingung, di sini kakak telah menjelaskan secara lengkap tentang besaran kecepatan.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, materi fisika kita kali ini akan mengajak kalian untuk mengenal jenis besaran kecepatan.

Kalian pasti sudah tahu apa itu kecepatan? Yah benar, kecepatan adalah kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Namun, bagaimana dengan jenis besarannya? Termasuk jenis besaran apakah kecepatan itu?

Dalam ilmu fisika sendiri dikenal bermacam-macam jenis besaran yang dibedakan berdasarkan satuan dan arahnya, yaitu besaran pokok, besaran turunan, besaran vektor, dan besaran skalar.

Pertanyaannya adalah kecepatan termasuk besaran apa? Apakah besaran pokok atau turunan? Apakah besaran vektor atau skalar?

Nah, untuk menjawabnya langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Besaran Kecepatan

Kecepatan Termasuk Besaran?

Untuk diketahui, kecepatan itu termasuk ke dalam jenis besaran turunan dan besaran vektor karena diturunkan dari besaran pokok serta memiliki arah.

Besaran pokok yang menurunkan kecepatan adalah besaran panjang dan waktu, hal ini bisa dibuktikan dengan cara analisis dimensi.

Selain itu, besaran kecepatan juga tidak hanya memiliki nilai, tetapi juga memiliki arah sehingga termasuk dalam kelompok besaran vektor.

Olehnya itu, ketika kita menyatakan besaran kecepatan, maka tidak cukup dengan menuliskan nilainya saja, tetapi harus menyertakan juga arahnya.

Sebagai contoh, pernyataan "Mobil itu bergerak dengan kecepatan 60 km/jam" bernilai salah atau belum lengkap karena tidak menuliskan arah.

Pernyataan yang benar adalah "Mobil itu bergerak dengan kecepatan 60 km/jam ke Selatan".

Kesimpulan

Jadi, kecepatan itu termasuk ke dalam jenis besaran turunan dan besaran vektor karena diturunkan dari besaran pokok serta memiliki arah.

Gimana adik-adik, udah tahu kan kecepatan itu termasuk besaran apa? Jangan lupa lagi yah.

Demikianlah penjelasan tentang jenis besaran kecepatan, bagikan agar teman yang lain juga bisa membacanya, terima kasih.

BAGIKAN:

Nur Afdan S.Si
Nur Afdan S.Si Nur Afdan, S.Si, Sarjana Fisika Universitas Negeri Makassar. Menyukai segala hal yang berkaitan dengan fisika. Kontak: Email: afdanfisika@gmail.com

Posting Komentar