Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Air Menjadi Es Termasuk Perubahan? Ini Penjelasannya

Menurut kalian, air yang menjadi es batu termasuk perubahan apa? Fisika atau kimia? Gak usah bingung, yuk cari tahu penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat dalam keadaan sehat, di materi kali ini kita akan belajar tentang proses perubahan pada air, dari sebelumnya berbentuk cair kemudian menjadi padat.

Kalian pasti punya es di dalam lemari pendingin, awalnya es itu masih berupa air, tetapi kemudian melalui proses pendinginan di dalam kulkas hingga akhirnya berubah bentuk menjadi es.

Air yang awalnya berbentuk cair itu kemudian berubah menjadi es padat bisa dikatakan telah mengalami perubahan, nah yang menjadi pertanyaan, jenis perubahan apakah yang terjadi?

Di dalam IPA sendiri dikenal 2 jenis perubahan, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia, kira-kira manakah di antara dua perubahan ini yang terjadi pada kopi?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Air Menjadi Es

Air Menjadi Es Termasuk Perubahan

Untuk diketahui, air yang berubah menjadi es itu termasuk ke dalam contoh perubahan fisika karena sifat air tidak berubah, yang berubah hanya wujudnya saja.

Terjadinya perubahan fisika pada air disebabkan oleh proses pelepasan panas menggunakan kulkas yang membuat suhu air terus turun hingga kemudian berubah wujud menjadi es.

Meskipun wujudnya berubah, tetapi sifat air tidak berubah dan tidak terjadi juga reaksi kimia apa-apa sehingga tidak ada pembentukan zat baru.

Secara lebih lengkap, perubahan ini disebut dengan perubahan fisika yang berupa perubahan wujud.

Kesimpulan

Jadi, air yang berubah menjadi es itu termasuk ke dalam contoh perubahan fisika karena sifat air tidak berubah, yang berubah hanya wujudnya saja.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang proses perubahan fisika pada air menjadi es, bagikan penjelasan ini agar teman yang lain bisa membacanya, terima kasih.

BAGIKAN:

Air Menjadi Es Termasuk Perubahan? Ini Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar