Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Biji Kopi Digiling jadi Serbuk Kopi Termasuk Perubahan?

Menurut kalian, biji kopi yang digiling menjadi serbuk kopi termasuk perubahan apa? Fisika atau kimia? Gak usah bingung, yuk cari tahu penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat dalam keadaan sehat, di materi kali ini kita akan belajar tentang proses perubahan pada kopi, dari sebelumnya berbentuk biji kemudian menjadi serbuk kopi.

Kalian pasti pernah melihat serbuk kopi miliki ayah di rumah, awalnya kopi itu tidak langsung berbentuk serbuk, tetapi terlebih dahulu melalui proses penggilingan hingga akhirnya berubah bentuk menjadi serbuk.

Kopi yang awalnya berbentuk biji kemudian menjadi serbuk bisa dikatakan telah mengalami perubahan, nah yang menjadi pertanyaan, jenis perubahan apakah yang terjadi?

Di dalam IPA sendiri dikenal 2 jenis perubahan, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia, kira-kira manakah di antara dua perubahan ini yang terjadi pada kopi?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Biji Kopi Digiling jadi Serbuk Kopi

Biji Kopi Digiling Menjadi Serbuk Kopi Perubahan

Untuk diketahui, biji kopi yang digiling menjadi serbuk kopi termasuk ke dalam contoh perubahan fisika karena sifat kopi tidak berubah, yang berubah hanya ukurannya saja.

Terjadinya perubahan fisika pada kopi disebabkan oleh mesin penggiling yang menghancurkan biji-biji kopi sehingga ukurannya berubah menjadi sebesar serbuk saja.

Meskipun ukurannya berubah, tetapi sifat kopi tidak berubah dan tidak terjadi juga reaksi kimia apa-apa sehingga tidak ada pembentukan zat baru.

Secara lebih lengkap, perubahan ini disebut dengan perubahan fisika yang berupa perubahan ukuran.

Kesimpulan

Jadi, biji kopi yang digiling menjadi serbuk kopi termasuk ke dalam contoh perubahan fisika karena sifat kopi tidak berubah, yang berubah hanya ukurannya saja.

Demikianlah penjelasan tentang proses perubahan fisika pada biji kopi, bagikan penjelasan ini agar teman yang lain bisa membacanya, terima kasih.

BAGIKAN:

Biji Kopi Digiling jadi Serbuk Kopi Termasuk Perubahan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar