Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Perubahan Energi yang Terjadi pada Panel Surya

Perubahan energi yang terjadi pada panel surya adalah energi cahaya diubah menjadi energi listrik. Panel surya terdiri dari sel surya yang berfungsi untuk menyerap energi yang dibawa oleh cahaya matahari kemudian diubah menjadi listrik.

perubahan energi yang terjadi pada panel surya

Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan menjelaskan satu topik yang berkaitan dengan energi, yaitu perubahan energi yang terjadi pada panel surya.

Kalian tahu tidak apa itu panel surya? Jadi, panel surya adalah alat yang berfungsi untuk menghasilkan listrik menggunakan tenaga surya atau matahari, disebut Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Nah, proses akhir dari alat ini adalah dihasilkannya listrik yang akan mengalir melalui konduktor, kemudian disimpan di dalam baterai untuk digunakan lebih lanjut.

Namun, sebelum berubah menjadi listrik, terdapat serangkaian proses perubahan energi. Proses inilah yang akan kakak jelaskan dalam pembahasan kali ini.

Baiklah, kita mulai saja materinya...

Panel Surya

Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya (sel photovoltaic/PV), yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
 
Prinsip fisika yang berlaku pada panel surya adalah efek fotolistrik. Fenomena ini berhasil dijelaskan dengan baik oleh Albert Einstein dan menghantarkan dirinya meraih Nobel Fisika pada tahun 1921.

Apa itu efek fotolistrik? Jadi, efek fotolistrik adalah dibebaskannya elektron-elektron dari suatu logam, ketika logam itu disinari cahaya atau gelombang elektromagnetik.

Perubahan Energi yang Terjadi pada Panel Surya

Panel surya akan mengubah energi cahaya dari matahari menjadi energi listrik. Proses perubahan energi ini dilakukan oleh sel surya yang terpasang pada panel. 
 
Sel surya terbuat dari lapisan unsur silikon tipis. Apabila sel surya terkena cahaya matahari, pada lapisan silikon terjadi pemisahan elektron dari atom silikon sehingga dapat menimbulkan arus listrik.
 
Mengapa elektron bisa terlepas? Jadi, cahaya matahari membawa paket-paket energi yang disebut dengan foton.
 
Foton akan diserap oleh elektron yang akan membuatnya memiliki kelebihan energi untuk melepaskan diri dari atom silikon.

Kesimpulan

Jadi, perubahan energi yang terjadi pada panel surya adalah energi cahaya menjadi energi listrik.
 
Gimana adik-adik, udah paham kan perubahan energi yang terjadi pada panel surya? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Perubahan Energi yang Terjadi pada Panel Surya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar