Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Konduktor: Pengertian, Sifat, Contoh

Konduktor adalah benda atau bahan yang dapat menghantarkan listrik atau panas dengan baik. Contohnya, tembaga, besi, baja, emas, dan perak

Konduktor: Pengertian dan Contoh Bahan

Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan membahas tentang bahan penghantar panas dan arus listrik, yaitu konduktor.

Cobalah ambil sebatang besi, pegang salah satu ujungnya, kemudian dekatkan ujung yang lain dengan api selama waktu tertentu.

Apa yang terjadi? Yah benar, bagian ujung yang kita pegang terasa panas. Kok bisa panas yah, padahal ujung tersebut tidak berdekatan dengan api?

Nah, untuk mengetahui alasannya silahkan simak materi berikut ini...

Pengertian Konduktor

Apa yang dimaksud dengan konduktor? Dalam ilmu fisika, konduktor adalah benda atau bahan yang dapat menghantarkan panas atau listrik dengan baik.

Pada ilustrasi di atas, ujung yang kita pegang bisa terasa panas karena besi merupakan bahan konduktor. Selain panas, besi juga bisa menghantarkan arus listrik. Konduktor panas adalah bahan yang memiliki sifat mudah menghantarkan panas.
 
Eits, jangan pernah coba dekatkan besi dengan sumber listrik yah, kalian pasti akan tersengat.
 
Konduktor dapat dengan mudah menghantarkan muatan listrik dengan baik karena memiliki banyak elektron-elektron bebas. Hal ini disebabkan oleh struktur molekul konduktor yang mudah melepaskan elektron-elektron terluar. 
 
Sebagian besar logam memiliki sifat ini. Secara berturut-turut, jenis konduktor listrik yang paling baik adalah Emas (Au), perak (Ag), tembaga (Cu), aluminium (Al), seng (Zn), besi (Fe).

Sifat-Sifat Konduktor 

Konduktor memiliki beberapa sifat yang memungkinkan bahan ini bisa menghantarkan arus listrik/panas, antara lain sebagai berikut:

1. Memiliki daya hantar listrik

Daya hantar listrik didapat dari banyaknya elektron-elektron bebas yang terkandung dalam bahan konduktor. 
 
Meskipun sebagian besar elektron yang dimiliki konduktor terikat kuat pada inti atomnya, ada sebagian kecil yang dapat bergerak bebas dari satu atom ke atom yang lain. 
 
Elektron-elektron inilah yang memungkinkan terjadinya arus listrik pada konduktor.

2. Hambatan Jenis (Resistivitas) yang Kecil

Semakin kecil hambatan jenis suatu bahan, maka semakin baik nilai konduktivitasnya. Konduktivitas merupakan ukuran kemampuan suatu bahan untuk menghantarkan arus listrik.
 
Sebagian besar bahan dari kelompok logam memiliki nilai hambatan jenis yang kecil sehingga memiliki konduktivitas yang baik. Berikut ini adalah tabel resistivitas (hambatan jenis) bahan-bahan konduktor:

Nama Bahan
Resistivitas (Ωm)
Perak
1,47 x 10-8
Tembaga
1,72 x 10-8
Emas
2,44 x 10-8
Aluminium
2,75 x 10-8
Tungsten
5,25 x 10-8
Baja
20 x 10-8
Timah
22 x 10-8
Air raksa
95 x 10-8
Manganin
44 x 10-8
Constantan
49 x 10-8
Nikrom
100 x 10-8

3. Daya Hantar Panas Tinggi

Konduktor memiliki sifat daya hantar panas yang tinggi. Setiap bahan yang memiliki daya hantar panas yang tinggi bisa dikategorikan sebagai konduktor.
 
Bahan-bahan logam sebagian besar memiliki daya hantar panas tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai konduktor.

4. Tegangan Tarik yang Kuat

Konduktor adalah bahan yang memiliki tegangan tarik yang kuat agar penyaluran daya menjadi optimal. Tegangan tarik sendiri dipengaruhi oleh aliran arus dan suhu.
 
Semakin kuat suatu bahan mengatasi pengaruhi suhu dan aliran arus, maka semakin baik bahan tersebut berfungsi sebagai konduktor.

5. Daya Elektro-Motoris Termo Kecil

Daya elektro-motoris adalah daya yang timbul akibat perbedaan bahan antara konduktor dan titik kontak pada sebuah rangkaian listrik, umumnya disebabkan oleh perbedaan suhu antara kedua bahan sehingga disebut juga daya elektro-motoris termo.
 
Daya elektro-motoris menyebabkan terjadinya penyimpangan arus dan tegangan listrik. Semakin kecil daya elektro-motoris suatu bahan, maka semakin baik bahan tersebut berfungsi sebagai konduktor. 

Syarat-Syarat Konduktor

Syarat-syarat konduktor yang baik, antara lain sebagai berikut:

1. Konduktivitas yang baik

Syarat suatu konduktor adalah memiliki konduktivitas yang baik. Semakin besar nilai konduktivitas suatu konduktor, maka semakin baik kemampuannya dalam menghantarkan arus listrik.
 
Konduktivitas suatu bahan dinyatakan dengan simbol sigma (σ) dalam satuan Mho/m. Di antara semua konduktor, perak merupakan bahan yang memiliki nilai konduktivitas tertinggi, yaitu 6,1 x 107 Mho/m

Berikut ini adalah tabel konduktivitas berbagai jenis bahan konduktor: 
Nama Bahan
Konduktivitas (Mho/m)
Air suling
4
Karbon
3 x 104
Grafit
106
Besi tuang
106
Merkuri (Air raksa)
106
Nikrom
105
Konstantan
1 x 106
Timah putih
5 x 106
Timah hitam
9 x 106
Tungsten
1,8 x 106
Seng
1,7 x 106
Aluminium
3,5 x 107
Emas
4,1 x 107
Tembaga
5,7 x 107
Perak
6,1 x 107
 
Kebalikan dari konduktivitas adalah resistivitas (hambatan jenis). Jika konduktivitas diharapkan tinggi, maka resistivitas sebaliknya, makin kecil makin baik.
 
σ = 1
 
σ = konduktivitas bahan (Mho/m)
 
Nilai resistivitas (hambatan jenis) suatu konduktor ditentukan dengan rumus:
 
ρ = ρ0 {1 + α (T - T0)}

Keterangan:
  • ρ = resistivitas (hambatan jenis) pada suhu T (Ωm)
  • ρ0 = resistivitas (hambatan jenis) pada suhu referensi (biasanya 200C atau 293,16 K) (Ωm)
  • T0 = suhu referensi (K)
  • α = koefisien suhu hambatan listrik (/0C)
Sementara itu, kemampuan bahan untuk menahan arus listrik yang mengalir melalui penampang bahan disebut hambatan listrik (R). Hambatan listrik konduktor dirumuskan:
 
R = ρ . L/A
 
Keterangan:
  • R = hambatan listrik (Ω)
  • ρ = resistivitas (hambatan jenis) (Ωm)
  • L = panjang penghantar (m)
  • A = luas penampang penghantar (m2

Selain panjang dan luas penampang penghantar, hambatan listrik konduktor juga dipengaruhi oleh suhu, dirumuskan:

RT = R0 {1 + α (T - T0)}
 
Keterangan:
  • RT = hambatan listrik pada suhu T (K)
  • R0 = hambatan listrik pada suhu T0 (K)

2. Kekuatan Mekanik Tinggi

Kemampuan mekanik (mekanis) adalah kemampuan suatu bahan untuk menerima beban/gaya/energi tanpa menimbulkan kerusakan pada bahan tersebut.
 
Konduktor pada umumnya memiliki kekuatan mekanik yang tinggi agar bisa dialiri panas atau arus listrik dengan baik.
 
Kekuatan mekanik bahan konduktor didapat dari susunan partikel-partikel penyusun bahan. Semakin rapat, maka semakin baik kekuatan mekanisnya. 

Partikel-partikel penyusun bahan akan bergetar (vibrasi) ketika dialiri oleh sumber listrik atau panas. Semakin cepat vibrasinya, maka makin baik pula listrik dan panas dihantarkan.

Namun, getaran itu harus diimbangi oleh kekuatan mekanis yang tinggi agar penghantar tidak rusak (patah atau putus).

3. Koefisien Muai Kecil

Bahan konduktor adalah bahan yang memiliki koefisien muai yang kecil sehingga sekalipun pada suhu yang tinggi, konduktor tetap menghantarkan listrik dengan baik.

4. Modulus Elastis Besar 

Bahan konduktor juga harus memiliki modulus elastis yang besar. Modulus elastisitas adalah perbandingan antara tegangan dan regangan. 
 
Nilainya menunjukkan ketahanan suatu konduktor untuk mengalami deformasi elastis dan kerusakan ketika dialiri tegangan listrik atau panas yang tinggi.

Karakteristik Konduktor

Bahan-bahan konduktor memiliki karakteristik khusus, antara lain sebagai berikut:
  • Karakteristik listrik, yaitu sifat bahan yang bisa dilalui arus listrik. Karakteristik ini terdiri dari hambatan, hambatan jenis, panjang, dan luas penampang konduktor.
  • Karakteristik mekanik, yaitu kemampuan suatu bahan untuk menahan semua gaya, tekanan, atau tarikan yang diberikan pada bahan tersebut. Bahan yang memiliki daya tarik yang tinggi, misalnya tembaga, besi, dan baja.

Bahan-Bahan Konduktor

bahan bahan konduktor
 
Bahan yang biasa digunakan sebagai konduktor antara lain adalah
  • Logam biasa seperti besi, tembaga, dan alumunium.
  • Logam campuran (alloy) yaitu logam dari tembaga atau alumunium yang dicampur dengan logam lain dalam jumlah tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kekuatan mekanis dari logam.
  • Logam paduan, yaitu sebuah campuran dari dua atau lebih jenis logam yang dipadu dengan teknik kompresi, peleburan (smelting) atau pengelasan (welding).

Di antara semua bahan di atas, bahan yang paling umum digunakan sebagai konduktor adalah tembaga.

Tembaga dipilih karena mempunyai nilai hambatan jenis yang sangat kecil dan harga yang murah serta ketersediaannya yang cukup melimpah di alam. 

Contoh Bahan Konduktor

Berikut ini adalah beberapa contoh bahan konduktor yang bisa digunakan sebagai penghantar listrik:

1. Aluminium

konduktor aluminium
 
Aluminium adalah contoh bahan yang bersifat konduktor. Aluminium merupakan bahan yang memiliki sifat mekanik yang baik, ringan, dan tahan terhadap korosi.
 
Lambang aluminium adalah Al, dan nomor atomnya 13. Beberapa jenis konduktor yang terbuat dari bahan aluminium, antara lain:
  • Jenis AAC (All Aluminium Conductor), yaitu konduktor yang terbuat dari bahan aluminium murni.
  • Jenis AAAC (All Aluminium Alloy Conductor), yaitu konduktor yang terbuat dari campuran aluminium.
  • Jenis ACSR (Aluminium Conductor Steel Reinforced), yaitu konduktor aluminium dengan inti bahan baja. 

Alumunium murni mempunyai massa jenis 2,7 g/cm3, dengan titik leleh 658 0C dan tidak bersifat sebagai korosif. 

Alumunium mempunyai daya hantar sebesar 35 m/Ωmm2 sekitar 61,4% dari daya hantar tembaga. Alumunium murni mudah dibentuk karena lunak dengan kekuatan tarik 9 kg/mm2

Oleh sebab itu, alumunium sering dicampur dengan tembaga untuk memperkuat daya tariknya. 

2.Timah

konduktor timah
 
Timah merupakan jenis konduktor yang lebih banyak diterapkan pada papan rangkaian untuk menghubungkan seluruh komponen-komponen elektronika yang terpasang.
 
Penggunaannya pada rangkaian dilakukan dengan bantuan solder. Kelemahan timah adalah mudah mengalami korosi apabila bersentuhan dengan air.

3. Tembaga

konduktor tembaga

Tembaga mempunyai daya hantar listrik yang tinggi yaitu 57 m/Ωmm2 pada suhu 20 0C dengan koefisien muai suhu 0,004 /0C
 
Tembaga mempunyai daya tarik 20 hingga 40 kg/mm2. Pemakaian tembaga sebagai bahan penghantar misalnya pada kawat berisolasi (NYA, NYAF), kabel (NYM, NYY, NYFGbY), busbar, lamel mesin dc cincin seret pada mesin AC dan sebagainya. 

Contoh Soal

Berikut ini adalah beberapa contoh soal tentang konduktor:

1. Jelaskan pengertian konduktor?

Jawab:
 
Konduktor adalah benda atau bahan yang dapat menghantarkan listrik atau panas.

2. Berikan 3 contoh alat yang memanfaatkan sifat benda konduktor​

Jawab:
  • Panci
  • Rice Cooker
  • Setrika 

3. Tuliskan 4 macam bahan yang termasuk konduktor

Jawab:
  • Besi
  • Baja
  • Tembaga
  • Perak 

4. Sebutkan masing masing 5 benda rumah tangga yang menggunakan sifat konduktor

Jawab:
  • Panci
  • Wajan
  • Dispenser
  • Rice Cooker
  • Setrika 

5. Konduktor berbentuk lingkaran mengalir muatan 80 Coulomb selama 4 s. Apabila konduktor tersebut mempunyai diameter 40 cm berapa rapat arusnya?(π =3,14) 

Jawab:

Diketahui:
  • Q = 80 C
  • t = 4 s
  • d = 40 cm
  • r = d/2 = 40/2 = 20 cm = 200 mm
Ditanyakan:
  • J...?
Penyelesaian:
 
I = Q/t
  = 80/4
  = 20 A
 
Luas Penampang (A) = π x r2
                                   = 3,15 x 2002
                                   = 125.600 mm2
 
J = I/A
  = 20/125.600
  = 0,0001592 A/mm2, atau
  = 15,92 x 10-5 A/mm2
 
Jadi, rapat arus konduktor tersebut adalah 15,92 x 10-5 A/mm2.

6. Sebuah kawat konduktor berhambatan 200 Ω dihubungkan dengan sumber tegangan, sehingga mengalir arus listrik 250 mA. Beda potensial ujung-ujung konduktor tersebut adalah?

Jawab:
 
Diketahui:
  • R = 200 Ω
  • I = 250 mA = 0,25 A
Ditanyakan:
  • V....?
Penyelesaian:
 
V = I x R
    = 0,25  x 200
    = 50 Volt
 
Jadi, beda potensial ujung-ujung konduktor tersebut adalah 50 Volt.

7. Konduktor berhambatan 400 Ω dihubungkan dengan sumber tegangan, sehingga mengalir arus listrik 500 mA. berapakah beda potensial ujung-ujung konduktor tersebut?

Jawab:
 
Diketahui:
  • R = 400 Ω
  • I = 500 mA = 0,5 A
Ditanyakan:
  • V....?
Penyelesaian:
 
V = I x R
    = 0,5  x 400
    = 200 Volt
 
Jadi, beda potensial ujung-ujung konduktor tersebut adalah 200 Volt.

Kesimpulan

Konduktor adalah benda atau bahan yang dapat menghantarkan listrik atau panas dengan baik. Contohnya, tembaga, besi, baja, emas, dan perak.
 
Gimana adik-adik, udah paham kan materi konduktor di atas? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
 
Referensi:
  • Azriyenni. 2020. Buku Ajar Transmisi Tenaga Listrik. Pekanbaru: Taman Karya.
  • Sears, Francis W dkk. 2004. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Konduktor: Pengertian, Sifat, Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar