Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

5+ Sifat Magnet dan Penerapannya

Ada 5 sifat magnet yang akan dijelaskan dalam materi ini, serta penerapan masing-masing sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

sifat sifat magnet

Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan membahas satu topik dalam kemagnetan, yaitu sifat-sifat magnet. 

Sebelumnya, kita telah menuntaskan pembahasan tentang bentuk-bentuk magnet. Di dalam materi tersebut telah kita pahami bersama bahwa magnet terdiri dari beberapa bentuk.

Namun, apapun bentuk dan jenisnya, magnet akan selalu menunjukkan sifat yang sama. Keseluruhan sifat-sifat magnet itu telah menjadi hukum alam yang berlaku untuk semua jenis magnet.

Sifat-sifat yang ditunjukkan oleh magnet telah banyak dimanfaatkan oleh manusia dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa saja sifat-sifat magnet itu? Bagaimana contoh penerapannya?

Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Sifat-Sifat Magnet

Secara umum, ada 5 sifat-sifat magnet, antara lain sebagai berikut:

1. Dapat Menarik Benda Lain

Sifat magnet yang pertama dan pasti sangat kita kenal adalah kemampuannya untuk menarik benda-benda lain di sekitarnya. 
sifat magnet menarik benda lain
Namun, kita juga harus tahu bahwa tidak semua benda bisa ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang juga memiliki potensi kemagnetan yang bisa ditarik oleh magnet, disebut benda magnetik.

Jika ditinjau berdasarkan bisa atau tidaknya ditarik oleh magnet, maka benda dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu ferromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
  • Ferromagnetik adalah benda-benda yang bisa ditarik kuat oleh magnet, contohnya baja, besi, dan kobalt.
  • Paramagnetik adalah benda-benda yang juga bisa ditarik oleh magnet, tetapi tarikannya lemah, contohnya platina, tembaga, dan wolfram.
  • Diamagnetik adalah benda-benda yang sama sekali tidak bisa ditarik oleh magnet, contohnya kayu, plastik, dan emas.
Berdasarkan uraian di atas, maka benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet adalah ferromagnetik (ditarik kuat) dan paramagnetik (ditarik lemah).
 
Sementara itu, dalam proses pembuatan magnet, maka jenis yang digunakan adalah ferromagnetik.
 
Sifat magnet yang dapat menarik benda lain ini telah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya pada alat-alat pengangkat dan pada pintu kulkas agar bisa tertutup rapat.

2. Selalu Menunjuk ke Arah Utara dan Selatan

Sifat magnet yang kedua adalah kecenderungannya untuk selalu mengarah ke utara dan selatan.
 
Jika kita menggantung bebas sebuah magnet dengan seutas tali, maka magnet tersebut pasti akan menunjuk ke kedua arah tersebut, yakni utara dan selatan.

Mengapa magnet memiliki sifat seperti itu? Penyebabnya tidak lain karena magnet tersebut berkaitan langsung kemagnetan bumi.

Sebagai informasi, bumi yang kita tinggali ini sebenarnya dapat dipandang sebagai sebuah magnet raksasa, yang juga memiliki dua kutub.
 
sifat magnet selalu menunjuk utara dan selatan bumi
 
Jadi, ada gaya tarik-menarik antara magnet dengan kutub bumi. Kutub utara magnet tertarik pada kutub selatan bumi yang berada di sekitar kutub utara bumi dan sebaliknya.

Sifat magnet yang selalu menunjuk arah utara dan selatan ini diterapkan pada kompas sebagai alat penunjuk arah.

3. Selalu Mempunyai Dua Kutub

Sifat magnet yang ketiga adalah selalu mempunyai dua kutub, yaitu utara dan selatan. Bagaimana pun bentuk dan ukuran magnetnya, kutub ini pasti akan selalu hadir berpasangan.

Kedua kutub tersebut tidak akan pernah hilang walaupun magnet dipotong-potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Perhatikan gambar berikut ini!
kutub magnet selalu berpasangan
Gambar di atas menunjukkan sebuah magnet batang dengan kutub utara dan selatan. Kemudian, magnet tersebut dipotong-potong menjadi 2 bagian.
 
Oleh karena sifat magnet yang selalu mempunyai dua kutub, di setiap potongan magnet tersebut akan langsung terbentuk dua kutub baru.

Meskipun potongan itu dilanjutkan sampai ukuran terkecil, maka magnet akan tetap menunjukkan sifat seperti itu, yakni kutubnya selalu berpasangan.
dipotong kecil kutub magnet selalu berpasangan
Sifat magnet yang satu ini sangat bermanfaat ketika kita akan membagi-bagi sebuah magnet tanpa harus khawatir kehilangan salah satu kutubnya.

4. Kutub Senama Tolak Menolak dan Tidak Senama Tarik Menarik

Sifat magnet yang keempat adalah kutub senama (utara-utara atau selatan-selatan) akan tolak menolak dan kutub tidak senama (utara-selatan) akan tarik menarik.

Adanya gaya tolak-menolak dan tarik-menarik kutub magnet tersebut disebabkan karena magnet berada di dalam medan magnet.

Medan magnet adalah ruangan atau daerah sekitar magnet yang masih mempunyai pengaruh magnet, tolakan atau tarikan.

Medan magnet tersebut seringkali digambarkan dengan garis-garis gaya, yang keluar dari kutub utara (N = North) dan masuk ke kutub selatan (S = South).
 
Jadi, misalnya dua kutub utara (N) saling didekatkan, maka akan terjadi gaya tolakan sebab garis-garis gaya tersebut tidak akan bisa masuk ke kutub utara lainnya. 
 
gaya tolak menolak magnet
 
Agar terjadi gaya tarikan, maka salah satunya harus kita ganti dengan kutub selatan (S), sehingga garis gaya yang keluar dari kutub utara langsung masuk ke kutub selatan.
 
gaya tarik menarik magnet
 
Sifat magnet ini telah diterapkan pada kereta api cepat maglev (magnetically levitated) yang melaju dengan cara mengambang beberapa mm di atas rel karena terjadi gaya tolakan antara dasar kereta api dengan rel.

5. Gaya Magnet Terbesar Terletak pada Kedua Kutubnya

Sifat magnet yang kelima atau terakhir adalah gaya magnet (tolakan atau tarikan) paling besar terletak pada kedua kutubnya. 

Kutub ini umumnya terletak pada bagian ujung-ujung magnet, di sinilah magnet menyimpan gaya terbesarnya. 

Hal ini sekali lagi disebabkan oleh garis-garis gaya medan magnet yang bermula di masing-masing kutub tersebut, yakni keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan.

Sementara itu, pada bagian lain tubuh magnet tetap memiliki gaya magnet, hanya saja lebih kecil dari gaya yang dimiliki oleh kedua kutub ini.
 
Coba perhatikan gambar sebuah magnet dan pasir besi di bawah ini:
 
gaya magnet terbesar pada kutub
 
Terlihat bahwa pasir besi lebih banyak berkumpul pada bagian ujung yang merupakan letak kutub-kutub magnet.

Kesimpulan

Jadi, sifat-sifat magnet, antara lain:
  1. Memiliki kemampuan untuk menarik benda lain.
  2. Selalu menunjuk ke arah utara dan selatan.
  3. Kutubnya selalu berpasangan, utara dan selatan.
  4. Kutub senama tolak menolak, tidak senama tarik menarik.
  5. Gaya magnet terbesar terletak pada kedua kutubnya. 
Gimana adik-adik, udah tahu kan apa saja sifat-sifat magnet? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Sifat Magnet dan Penerapannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar