Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

7+ Bentuk Magnet dan Fungsinya

Bentuk magnet ada bermacam-macam, seperti magnet batang, magnet U, magnet silinder, magnet jarum, magnet cincin/lingkaran, magnet keping (cakram) dan magnet ladam.
7+ Bentuk Magnet dan Fungsinya
Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan membahas tentang salah topik dalam kemagnetan, yakni bentuk-bentuk magnet.

Sebelumnya, kita telah mempelajari cara membuat magnet. Setelah menguasai proses pembuatannya, maka kita bisa bebas membuat magnet dengan bermacam-macam bentuk.

Biasanya, magnet sengaja dibuat beraneka bentuk disesuaikan dengan fungsinya. Dengan kata lain, masing-masing bentuk bisa saja mewakili fungsi tertentu.

Lantas, apa saja sih bentuk-bentuk magnet itu? Apa saja fungsinya?

Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Bentuk-Bentuk Magnet

Ada 7 bentuk magnet yang umum dikenal sekarang ini, yaitu magnet batang, magnet U, magnet silinder, magnet jarum, magnet cincin (ring), magnet keping (cakram) dan magnet ladam (tapal kuda). 

Yuk, mari kita bahas satu per satu bentuk magnet ini.

1. Magnet Batang

Magnet batang adalah magnet yang bentuknya seperti batangan menyerupai balok dengan letak kutub magnet yang berada di kedua ujungnya, sekaligus menjadi ciri dari magnet batang.

Kedua ujung yang menjadi kutub magnet umumnya diberi label S (South = selatan) dan N (North = utara).

bentuk magnet batang
 
Jika sebuah magnet batang digantung dengan tali pada bagian tengahnya, maka magnet akan cenderung mengarah ke utara-selatan. 
 
Ujung magnet yang menunjuk ke arah utara disebut sebagai kutub utara dan ujung magnet yang menunjuk ke arah selatan disebut kutub selatan.
 
Kutub ini akan selalu berpasangan meskipun magnet batang tersebut kita potong menjadi dua, hal ini sesuai dengan sifat umum magnet yang selalu mempunyai dua kutub.
 
Garis-garis gaya magnetik pada magnet batang sejajar satu sama lain, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini: 
 
garis gaya magnet batang
 
Adapun fungsi dari magnet batang dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan pada pintu kulkas agar bisa tertutup rapat.

2. Magnet U

Magnet U adalah magnet yang bentuknya lengkung menyerupai huruf U dengan kedua ujung sejajar, sekaligus menjadi ciri dari magnet U.

Oleh karena kedua ujungnya sejajar, tidak sedikit yang terkecoh dan menganggap bahwa kedua kutub pada magnet U menunjuk ke arah yang sama, padahal tidak.

Coba perhatikan gambar magnet U di bawah ini:
bentuk magnet U
Kutub utara magnet U ditandai dengan warna merah dan diberi label huruf N (North = utara), kutub ini mulai dari garis batas sampai ke ujung.

Sedangkan, kutub selatan magnet U ditandai dengan warna biru dan diberi label huruf S (South = selatan), kutub ini juga dimulai dari garis batas sampai ke ujung.

Jadi, penentuan kutub pada magnet U tidak dimulai dari ujung, tetapi dimulai dari sisi-sisi warna tersebut sampai ke ujung.

Jika magnet U diposisikan berdiri dengan kedua ujung menghadap ke atas, maka masing-masing sisi itu akan menunjuk ke arah utara dan selatan.
kutub magnet U
Garis-garis gaya pada magnet U ditunjukkan dalam gambar di bawah ini:

garis gaya magnet U
 
Adapun fungsi magnet U dalam kehidupan sehari-hari adalah sering dipakai sebagai magnet pada bel listrik untuk menggerakkan pemukul agar bel berbunyi. Selain itu, digunakan juga pada dinamo sepeda.

3. Magnet Silinder

Magnet silinder adalah magnet yang berbentuk lurus dan panjang dengan penampang berbentuk bulat, yang sekaligus menjadi ciri dari magnet silinder. 

Sama dengan magnet batang, kutub magnet silinder terletak pada kedua ujungnya. Jika sebuah magnet silinder digantung bebas dengan tali, maka ujung-ujungnya akan menghadap ke utara dan selatan.
bentuk magnet silinder
Kutub-kutub ini biasanya ditandai dengan warna merah untuk kutub utara dengan label N (North = utara) dan warna biru untuk kutub selatan dengan label S (South = selatan).
 
Garis-garis gaya pada magnet silinder ditunjukkan dalam gambar di bawah ini: 

garis gaya magnet silinder
 
Adapun fungsi magnet silinder dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan sebagai magnet pada dinamo sepeda bersama-sama dengan kumparan untuk membangkitkan arus listrik.

4. Magnet Jarum

Magnet jarum adalah magnet yang bentuknya memanjang, tipis, dan kedua ujungnya runcing. Hal ini sekaligus menjadi ciri dari magnet jarum.

Sama dengan magnet-magnet yang berbentuk memanjang lainnya, kutub magnet jarum juga terletak pada kedua ujungnya. Berikut ini gambar penampakan sebuah magnet jarum:
bentuk magnet jarum
 
Untuk memudahkan indentifikasi, kutub utara diberi warna merah dengan label N (North = utara) dan kutub selatan diberi warna biru dengan label S (South = selatan).

Jika sebuah magnet jarum digantung bebas dengan tali, maka ujung-ujungnya akan selalu menghadap ke utara dan selatan.
 
Adapun fungsi magnet jarum dalam kehidupan sehari-hari adalah dipakai pada kompas sebagai alat penunjuk arah. 

5. Magnet Cincin (Ring)

Magnet cincin adalah magnet yang berbentuk melingkar dan tengahnya berlubang (mirip cincin). Hal ini sekaligus menjadi ciri dari magnet cincin. 

Oleh karena bentuknya yang melingkar, maka kita tidak akan menemukan ujung seperti pada magnet-magnet sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara menentukan kutub-kutubnya? Ternyata, magnet-magnet yang berbentuk lingkaran, kutubnya terletak pada kedua sisi permukaannya.

Misalnya, sisi permukaan depan sebagai kutub selatan dan sisi permukaan belakang sebagai kutub utara.
bentuk magnet cincin
Jadi, ketika kita menggantung magnet cincin dengan seutas tali, masing-masing permukaan itulah yang akan menghadap utara dan selatan.

Adapun fungsi magnet cincin (ring) dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan pada alat pengeras suara atau speaker.

6. Magnet Keping (Cakram)

Magnet keping (cakram) adalah magnet yang berbentuk kepingan melingkar menyerupai uang logam. Hal ini sekaligus menjadi ciri dari magnet keping atau cakram.
magnet keping cakram
Sama dengan magnet cincin, kutub-kutub pada magnet keping juga terletak pada kedua sisi permukaannya.

Adapun fungsi magnet keping dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan pada hiasan agar bisa menempel pada permukaan logam, misalnya kulkas.

7. Magnet Ladam (Tapal Kuda)

Magnet ladam adalah magnet yang berbentuk melengkung menyerupai tapal kuda. Hal ini sekaligus menjadi ciri dari magnet ladam.

Secara keseluruhan, magnet ladam sangat mirip dengan magnet U, baik dari segi penentuan kutub-kutubnya maupun bentuk garis gayanya. 

Berikut ini adalah gambar penampakan dari magnet ladam, lihat bentuknya menyerupai tapal kuda:
bentuk magnet ladam tapal kuda
Adapun fungsi magnet ladam dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan sebagai perlengkapan generator.

Kesimpulan

Jadi, ada 7 bentuk magnet, yaitu magnet batang, magnet U, magnet silinder, magnet jarum, magnet cincin (ring), magnet keping (cakram) dan magnet ladam (tapal kuda). 
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan bentuk-bentuk magnet? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
7+ Bentuk Magnet dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar