Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

5+ Tujuan Utama Metode Ilmiah

Halo adik-adik, bisakah kalian sebutkan apa tujuan dari metode ilmiah? Sebagaimana yang diketahui, metode ilmiah adalah sekumpulan cara yang ditempuh oleh bidang ilmu untuk mendapatkan pengetahuan. Metode ilmiah menjadi jalan untuk meraih hasil yang sesuai dengan keilmuan. 

tujuan metode ilmiah

Penting untuk kalian ketahui bahwa metode ilmiah diperlukan agar tujuan keilmuan yakni kebenaran objektif bisa tercapai. Dengan metode ilmiah, pengetahuan naik tingkat menjadi ilmu pengetahuan. yakni, pengetahuan yang menjadi lebih khusus dan terbatas lingkupan kajiannya.

Jadi, bagi kalian yang ingin berkecimpung dalam dunia ilmu pengetahuan, harus paham yah dengan metode ilmiah. Inti dari metode ilmiah adalah proses berpikir untuk memecahkan masalah dengan cara menerapkan prinsip-prinsip logis.

Lantas, apa sih tujuan metode ilmiah itu? Yuk, berikut ini kakak jelaskan secara lengkap...

Tujuan Metode Ilmiah

Melakukan metode ilmiah tentu saja memiliki tujuan tertentu, beberapa tujuan seorang ilmuwan melakukan metode itu adalah sebagai berikut:

1. Untuk Meningkatkan Keterampilan

Metode ilmiah bisa bertujuan untuk meningkatkan keterampilan. Jenis-jenis keterampilan bisa berupa keterampilan menulis, menyusun, mengambil keputusan, kesimpulan, analisis, dan yang paling penting adalah keterampilan menerapkan prinsip ilmiah secara sistematis.

2. Untuk Mengorganisasikan Fakta

Tujuan selanjutnya dari metode ilmiah adalah untuk mengorganisasikan fakta. Fakta mesti diorganisasikan terlebih dahulu agar dapat menjadi kesimpulan dan teori yang benar-benar valid. 

Fakta-fakta yang berkaitan diatur dan dikembangkan untuk membuktikan hipotesis yang telah dibuat di awal sehingga membuktikan teori, menguji, atau membuat teori baru. 

3. Untuk Membuktikan Kebenaran Ilmiah

Metode ilmiah juga bertujuan untuk membuktikan kebenaran ilmiah. Suatu masalah yang akan dibuktikan kebenaran ilmiahnya diuji dengan pertimbangan-pertimbangan logis dan pengamatan yang jelas. 

Misalnya saja dalam pembuktikan pengaruh kedalaman terhadap tekanan hidrostatis, maka diperlukan dilakukan metode ilmiah untuk mendapatkan kebenaran ilmiahnya.

4. Mencari Ilmu Pengetahuan

Selain itu, metode ilmiah juga bertujuan untuk mencari atau merumuskan ilmu pengetahuan. Pencarian ilmu pengetahuan tersebut dimulai dari penentuan masalah, pengumpulan data yang relevan, melakukan analisis data, dan interpretasi dari data dan temuan. 

Seluruh tahapan ini disebut dengan langkah-langkah metode ilmiah. Setelah semua tahapan tersebut dijalani barulah ditarik kesimpulan dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada. 

5. Mendapatkan Pengetahuan Teruji 

Nah, tujuan akhir dari metode ilmiah adalah mendapatkan pengetahuan yang teruji. Seluruh cara atau metode yang dilakukan oleh ilmuwan adalah untuk mendapatkan hasil yang rasional dan teruji dari sebuah masalah sehingga dapat menambah pengetahuan si peneliti dan orang lain.

Kesimpulan

Jadi, tujuan metode ilmiah itu ada lima (5), yaitu:
  1. Untuk meningkatkan keterampilan
  2. Untuk mengorganisasikan fakta
  3. Untuk membuktikan kebenaran ilmiah
  4. Mencari ilmu pengetahuan
  5. Mendapatkan pengetahuan teruji 
Gimana adik-adik, setelah membaca materi ini, udah paham kan apa saja tujuan metode ilmiah itu? Jadi, jangan bingung lagi yah jika terdapat pertanyaan mengenai tujuan metode ilmiah.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Fitrah, Muh. Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak.
5+ Tujuan Utama Metode Ilmiah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar