Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

[Jawaban] Segala Sesuatu yang Dapat diukur Disebut?

Segala sesuatu yang dapat diukur disebut besaran. Hasil pengukuran tersebut dinyatakan dengan nilai atau angka.

segala sesuatu yang dapat diukur disebut

Halo adik-adik, kali ini kakak akan menjelaskan tentang besaran. Dalam fisika, besaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan nilai atau angka.

Kakak yakin kalian pernah melakukan pengukuran, minimal pengukuran paling sederhana, seperti mengukur panjang meja atau tinggi badan.

Panjang meja dan tinggi badan merupakan dua hal yang dapat diukur. Hasil pengukurannya dinyatakan dengan angka untuk melihat seberapa besar panjang meja tersebut atau tinggi badan kalian.

Nah, berikut ini akan kakak jelaskan lebih lanjut...

Segala Sesuatu yang Dapat diukur Disebut?

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Misalnya, panjang meja itu 80 sentimeter, maka panjang merupakan besaran dengan 80 sebagai nilai dan sentimeter sebagai satuan, atau massa benda itu 4 kg, maka massa merupakan besaran dengan 4 sebagai nilai dan kilogram sebagai satuan.

Besaran yang dapat diukur itu disebut besaran fisika. Dalam fisika, besaran terbagi menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok adalah besaran yang ditetapkan atau didefinisikan terlebih dahulu, sedangkan besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Untuk mengetahui lebih lanjut contoh besaran pokok dan besaran turunan, baca materi di bawah ini:
Besaran yang tidak dapat diukur dan tidak memiliki satuan merupakan sesuatu yang tidak termasuk besaran fisika. Contoh besaran yang bukan besaran fisika adalah kecantikan, keburukan, dan kebaikan seseorang tidak termasuk besaran dalam fisika karena tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka.

Kesimpulan

Jadi, segala sesuatu yang dapat diukur disebut besaran, yang terbagi menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Gimana adik-adik, udah paham kan jawaban dari pertanyaan di atas? Jangan bingung lagi yah saat mendapat pertanyaan serupa.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Segala Sesuatu yang Dapat diukur Disebut? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar