Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Satuan yang Digunakan Untuk Melakukan Pengukuran

Halo adik-adik, penting untuk kalian ketahui bahwa satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang sama untuk semua orang disebut satuan baku. Sebaliknya, satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang tidak sama disebut satuan tidak baku.

Satuan yang Digunakan untuk Melakukan Pengukuran dengan Hasil yang Sama untuk Semua Orang disebut Satuan Baku

Satuan baku adalah satuan yang diakui secara internasional. Satuan baku menciptakan keseragaman dalam satuan. Keseragaman ini penting sebab penggunaan satuan yang berbeda-beda dapat menimbulkan perbedaan nilai hasil pengukuran. Satuan yang berbeda-beda disebut dengan satuan tidak baku.

Satuan baku yang digunakan secara internasional saat ini disebut Sistem Satuan Internasional (SI) yang ditetapkan melalui perjanjian internasional pada tahun 1960.

Baiklah adik-adik, berikut ini kakak jelaskan lebih lanjut mengenai satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang sama untuk semua orang ini.

Satuan yang Digunakan untuk Melakukan Pengukuran dengan Hasil yang Sama untuk Semua Orang disebut Satuan Baku

Jadi, satuan baku adalah satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang sama untuk semua orang. Satuan ini berlaku secara internasional, sering disebut sebagai Sistem Satuan Internasional (SI). Contoh satuan baku, seperti; meter, kilogram, sekon, ampere, kelvin, mol, dan candela.  

Oleh karena berlaku secara internasional, satuan ini dapat digunakan di mana saja di seluruh dunia dan nilainya selalu sama.

Semula, setiap negara menggunakan sistem satuan yang berbeda-beda untuk besaran pokok. Misalnya, Inggris menggunakan satuan inchi, kaki, dan mil untuk besaran panjang. Ketika hubungan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi antar-negara semakin, perlu ditetapkan suatu sistem satuan baku.

Satuan baku merupakan satuan yang didapat dari hasil pengukuran dengan alat ukur baku. Misalnya, sentimeter dari alat ukur penggaris (mistar), detik dengan alat ukur stopwatch atau arloji.

Kesimpulan

Jadi, satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang sama untuk semua orang disebut satuan baku.

Gimana adik-adik, udah paham kan materi satuan baku ini? Jadi, jangan lupa lagi yah.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Satuan yang Digunakan Untuk Melakukan Pengukuran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar