Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

[Jawaban] Sebutkan 7 Besaran Pokok Beserta Satuannya

Halo adik-adik, bisakah kalian sebutkan tujuh (7) besaran pokok beserta satuannya? Tenang aja, kakak akan memberikan jawaban yang benar untuk kalian. Pertanyaan ini masuk ke dalam materi BAB Besaran dan Satuan, Sub Bab Besaran Pokok pelajaran fisika.

sebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya

Besaran pokok adalah besaran yang telah didefinisikan atau ditetapkan terlebih dahulu. Besaran ini tidak diturunkan dari besaran lainnya.

Cara mudah menjawab pertanyaan ini adalah kalian wajib menghafalkan terlebih dahulu besaran-besaran yang termasuk ke dalam anggota besaran pokok. Masih ingat, ada berapa anggota besaran pokok? Yah benar, ada tujuh (7) besaran.

Selain menghapal nama besarannya, kalian juga wajib hafalkan satuan yang menyertai masing-masing besaran tersebut. Tapi ingat yah, satuannya harus dalam Sistem Satuan Internasional atau SI.

Kalian bisa baca materi ini: Besaran Pokok.

Jika sudah, yuk mari kita jawab pertanyaan di atas...

Sebutkan 7 Besaran Pokok Beserta Satuannya

Tujuh (7) besaran pokok beserta satuannya dalam SI, antara lain sebagai berikut:
  1. Panjang (l), satuannya meter (m)
  2. Massa (m), satuannya kilogram (kg)
  3. Waktu (t), satuannya sekon (s)
  4. Suhu (T), satuannya Kelvin (K)
  5. Kuat Arus (I), satuannya Ampere (A)
  6. Intensitas Cahaya (In), satuannya candela (cd)
  7. Jumlah Zat (n), satuannya mol

Penjelasan:

Berikut ini adalah definisi masing-masing anggota besaran pokok di atas:

1. Panjang (l)

Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari sisi ke sisi. Satuannya dalam SI adalah meter (m).

2. Massa (m)

Massa adalah banyaknya materi yang terkandung dalam suatu benda. Massa sifatnya konstan atau tidak berubah. Satuannya dalam SI adalah kilogram (kg).

3. Waktu (t)

Waktu adalah dimensi yang memungkinkan dibedakannya dua peristiwa identik namun berlainan yang berlangsung pada titik yang sama dalam ruang (space time). Satuannya dalam SI adalah sekon atau detik (s).

4. Suhu (T)

Suhu adalah derajat panas atau dingin suatu benda. Satuannya dalam SI adalah Kelvin (K).

5. Kuat Arus Listrik (I)

Kuat Arus Listrik adalah banyaknya muatan listrik yg mengalir pada suatu penghantar dalam waktu satu detik. Satuannya dalam SI adalah Ampere (A).

6. Intensitas Cahaya (In)

Intensitas Cahaya adalah banyaknya cahaya pada suatu luas permukaan atau daya berluminositas per satuan sudut ruang yang dipancarkan oleh titik sumber cahaya dalam arah tertentu. Satuannya dalam SI adalah candela (cd).

7. Jumlah Zat (n)

Jumlah Zat adalah jumlah elementer zat, baik berupa molekul, unsur, ion, ataupun senyawa. Satuannya dalam SI adalah mol.

Gimana adik-adik, sudah jelas kan jawaban di atas? Jadi, jangan bingung lagi yah saat mendapat pertanyaan tentang 7 besaran pokok beserta satuannya.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Sebutkan 7 Besaran Pokok Beserta Satuannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar