Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Satuan Panjang dalam SI

Satuan panjang dalam Sistem Satuan Internasional (SI) adalah meter (m). Panjang merupakan salah satu anggota besaran pokok.

satuan panjang dalam SI

Halo adik-adik, di materi fisika kali ini, kakak akan menjelaskan salah satu anggota dari besaran pokok, yaitu panjang. Dalam kehidupan sehari-hari, kalian pasti akrab dengan besaran yang satu ini.

Unsur penting dari besaran panjang yang akan kita bicarakan dalam materi ini adalah satuan. Sama seperti besaran lainnya, panjang juga memiliki satuan yang berlaku di dalam Sistem Satuan Internasional.

Yuk, berikut ini kakak jelaskan materinya...

Sistem Satuan Internasional (SI)

Sistem Satuan Internasional (SI) adalah satuan yang dipergunakan secara umum dan berlaku menyeluruh di semua negara.

Penggunaan satuan internasional untuk menghindari satuan yang beraneka ragam. Keanekaragaman satuan dapat menimbulkan beberapa kesulitan, yaitu sebagai berikut:
  • Kesulitan dalam menentukan faktor konversi apabila ingin beralih dari satu satuan ke satuan lain.
  • Memerlukan banyak alat ukur yang sesuai dengan satuan yang digunakan.
Oleh karena itu, pada tahun 1960 suatu perjanjian internasional menerapkan sistem metrik sebagai sistem Satuan Internasional (SI). Sistem metrik menggunakan meter untuk satuan panjang.

Kelebihan sistem SI adalah kemudahan dalam pemakaiannya karena menggunakan sistem desimal (kelipatan 10). Misalnya, 1 meter sama dengan 100 sentimeter.

Satuan Panjang dalam SI

Besaran panjang dalam SI memiliki satuan dasar meter (m). Meter merupakan satuan baku untuk besaran panjang. Satuan baku adalah satuan yang apabila digunakan oleh siapapun akan menghasilkan pengukuran yang sama.

Satuan-satuan lainnya untuk besaran panjang dalam SI yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:
  • 1 kilometer (1 km) = 1.000 meter
  • 1 sentimeter (1 cm) = 0,01 meter
  • 1 milimeter (1 mm) = 0,001 meter
  • 1 mikrometer = 0,000001 meter

Meter Standar

Pada awalnya, standar panjang internasional adalah sebuah batang yang terbuat dari campuran platina dan iridium yang disebut dengan meter standar. Meter standar ini disimpan di Sevres, dekat kota Paris.

Satu meter didefinisikan sebagai jarak antara dua goresan yang terdapat pada meter standar pada suhu 00C sehingga jika diukur dengan meter standar, jarak antara Kutub Utara dan ke khatulistiwa melalui kota Paris sejauh 10 juta meter.

Ada beberapa kelemahan dalam penggunaan meter standar tersebut, di antaranya sebagai berikut:
  • Batang platina iridium mudah dipengaruhi temperatur terutama di negara yang memiliki iklim berubah-ubah sehingga akan mengalami pemuaian atau penyusutan panjang.
  • Sebagai standar primer, jika mengalami kerusakan sukar dibuat ulang.
  • Ketelitian pengukurannya tidak sesuai dengan kemajuan teknologi.
Dari beberapa kelemahan tersebut, dibutuhkan meter standar baru yang menggunakan panjang gelombang cahaya dari zat yang mudah diketahui dengan cepat dan teliti.

Pada tahun 1960, ditetapkan bahwa meter standar sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom Krypton-86 (Kr-86) di dalam ruang hampa.

Dengan kemajuan teknologi, meter standar mengalami perubahan kembali. Berdasarkan Conferece General des Poids et Measures ke-17 pada 1983 diputuskan bahwa satu meter adalah panjang jarak tempuh cahaya dalam ruang hampa dalam selang waktu 1/299.792.458 sekon dengan prediksi bahwa kecepatan cahaya dalam ruang hampa adalah tetap sebesar 299.792.459 m/s.
 
Ini merupakan meter standar yang digunakan hingga saat ini.

Gimana adik-adik, udah paham kan materi satuan panjang dalam SI ini? Jadi, jangan lupa lagi yah.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Indrajit, Dudi. 2007. Mudah dan Aktif Belajar Fisika untuk Kelas X SMA/MA. Bandung: PT Setia Purna Inves. 
  • Mundilarto. Istiyono, Edi. 2007. Fisika 1 SMP Kelas VII. Bogor: Quadra.
Satuan Panjang dalam SI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar