Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

(Jawaban) Untuk Membuktikan Hipotesis Harus Melakukan?

Untuk membuktikan hipotesis harus melakukan pengujian dengan eksperimen atau percobaan, supaya hasilnya menjadi lebih akurat jika sesuai dengan hasil hipotesanya.

Untuk Membuktikan Hipotesis Harus Melakukan?

Halo adik-adik, kali ini kakak akan menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan untuk membuktikan sebuah hipotesis. Kalian ingat tidak apa itu hipotesis? 

Dalam materi metode ilmiah, telah dijelaskan bahwa hipotesis adalah dugaan atau jawaban sementara terhadap suatu masalah. Mengapa disebut sementara? Tidak lain karena dugaan atau jawaban itu masih harus dibuktikan kebenarannya.

Setelah membuat hipotesis, maka tugas peneliti atau ilmuwan adalah membuktikan hipotesis itu dengan seperangkat langkah-langkah pembuktikan.

Nah, langkah-langkah itulah yang akan kakak terangkan dalam materi berikut ini:

Untuk Membuktikan Hipotesis Harus Melakukan? 

Jadi, untuk membuktikan hipotesis harus melakukan pengujian dengan eksperimen atau percobaan, supaya hasilnya menjadi lebih akurat jika sesuai dengan hasil hipotesanya. Kegiatan membuktikan hipotesis merupakan bagian dari langkah-langkah metode ilmiah.

Misalnya, kalian ingin membuktikan sebuah hipotesis fisika bahwa semakin kasar bidang sentuh suatu benda, semakin besar pula gaya geseknya.

Setelah merumuskan hipotesis, maka tahap berikutnya adalah membuktikan kebenaran hipotesis tersebut. Untuk membuktikannya, dilakukan eksperimen atau percobaan.

Contoh urutan kerja eksperimen / percobaan:
  1. Menyiapkan 5 balok dengan tingkat kekasaran yang berbeda-beda.
  2. Menyiapkan bidang miring tempat balok akan meluncur.
  3. Meluncurkan tiap-tiap balok ke bidang miring.
  4. Mencatat data yang didapat untuk setiap perlakuan.

Kesimpulan

Untuk membuktikan hipotesis harus melakukan pengujian dengan eksperimen atau percobaan, supaya hasilnya menjadi lebih akurat jika sesuai dengan hasil hipotesanya. 

Gimana adik-adik, udah tahu kan apa yang harus dilakukan untuk membuktikan hipotesis? Jadi, jangan bingung lagi yah saat mendapat pertanyaan serupa.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
(Jawaban) Untuk Membuktikan Hipotesis Harus Melakukan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar