Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

6+ Ciri-Ciri Ilmu Fisika dan Penjelasannya

Halo adik-adik dan sobat Fisika? Gimana kabar kalian hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja yah. Hari ini kakak akan membagikan satu informasi khusus berkaitan dengan fisika, yaitu ciri-ciri ilmu fisika sebagai salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Artikel ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya, yaitu pengertian dan hakikat fisika. Kalian bisa membacanya di sini: Pengertian Fisika dan Hakikat Fisika.

Ciri-Ciri Ilmu Fisika

Ciri-Ciri Ilmu Fisika dan Penjelasannya

Nah, sebelum kita masuk lebih jauh ke materi ciri-ciri fisika, kakak pesankan kembali yah bahwa jangan pernah bosan belajar fisika. Meskipun terdapat banyak rumus matematis, ilmu ini sebenarnya tidak sulit-sulit amat kok, bahkan cenderung menyenangkan. Dengan fisika, kalian bisa memahami alam semesta beserta cara kerjanya. Rumus-rumus fisika anggap saja sebagai permainan teka-teki, Oke? Baiklah, kita mulai saja materinya.

Ciri-Ciri Fisika

Apa sih ciri-ciri fisika itu? Sebagai salah satu cabang ilmu, fisika memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan cabang Ilmu Pengetahuan Alam lainnya. Sebagaimana yang kita ketahui, IPA terbagi menjadi tiga cabang ilmu, yaitu Fisika, Kimia, dan Biologi. Masing-masing cabang ilmu tersebut memiliki ciri-ciri tertentu.

Nah, khusus untuk ilmu fisika, ada 6 ciri yang melekat pada cabang ilmu ini, yaitu

1. Objek yang Dikaji Benda yang Nyata Berdasarkan Tingkah Laku dan Fisik Benda

Kalian tahu gak apa maksud dari ciri ini? Iya deh, kakak jelasin. Jadi, ciri pertama dari ilmu fisika adalah objek yang dikaji dalam ilmu ini berupa benda nyata berdasarkan tingkah laku dan fisik dari benda tersebut. Dalam fisika , suatu objek adalah kumpulan materi yang dapat diidentifikasi , yang mungkin dibatasi oleh batas yang dapat diidentifikasi.

2. Pengamatan dan Penelitiannya Dilakukan dengan Sengaja

Pengamatan dan penelitian ilmu fisika dilakukan secara sengaja, segala sesuatu yang ditargetkan dilaksanakan dengan persiapan matang.

3. Penelitiannya secara Sistematis

Ciri selanjutnya dari ilmu fisika, yaitu penelitiannya dilakukan secara sistematis. Artinya, segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu, mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya.

4. Cara Berpikirnya Logis dan Konsisten

Cara berpikir logis disebut juga dengan cara berpikir rasional. Sedangkan, berpikir konsisten artinya semua proses  yang dilakukan mengikuti kaidah-kaidah tertentu dengan alur yang tetap.

5. Kajiannya Objektif

Artinya, objek dikaji berdasarkan keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi peneliti.

6. Hukum-Hukum yang Berlaku Dihasilkan Melalui berbagai Percobaan

Seluruh hukum yang dirumuskan dalam ilmu fisika didapatkan melalui serangkaian percobaan.

Gimana, udah paham kan semua ciri-ciri fisika itu? Hafalkan ciri-ciri ini agar kalian bisa menjawab semua soal yang berkaitan dengannya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
6+ Ciri-Ciri Ilmu Fisika dan Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar