Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Pengertian Fisika: Apa Itu Fisika?

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan fisika? Ini merupakan pertanyaan paling dasar dalam ilmu fisika, tetapi sangat penting untuk menjawabnya. Dengan mengetahui definisi fisika, maka kamu bisa mendapatkan gambaran tentang cakupan materi yang akan dipelajari dalam fisika. Sebagai salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam, fisika menjadi mata pelajaran wajib yang diajarkan di seluruh tingkatan sekolah.

Fisika

Pengertian Fisika: Apa Itu Fisika?

Di berbagai forum pembelajaran online, para pelajar kerap menanyakan pengertian dari ilmu fisika. Muncul bermacam-macam jawaban, sebagian besar di antaranya dijawab oleh pelajar lain sesama anggota forum. Dari hasil pengamatan kami, banyak di antara jawaban tersebut yang telah tepat dalam menguraikan pengertian fisika.

Kekurangannya adalah jawaban tersebut hanyalah berupa uraian singkat tanpa disertai penjelasan lanjutan. Padahal, penjelasan juga agar pemahaman tentang pengertian fisika bisa terbangun secara lebih baik lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan berbagai macam pengertian fisika, baik secara umum maupun menurut pendapat dari para ahli. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan kamu tentang definisi fisika semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Apa Itu Fisika?

Sebelum kita masuk pada pengertian yang lebih spesifik, gambaran awal yang bisa kita peroleh tentang ilmu fisika adalah ilmu ini merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam. Sebagaimana yang diketahui, IPA terbagi menjadi 3 cabang ilmu, yaitu Biologi, Fisika, dan Kimia. Di SD dan SMP, di roster tidak tertulis secara eksplisit mata pelajaran fisika karena mata pelajaran ini tergabung ke dalam mata pelajaran IPA. 

Mata pelajaran fisika barulah ditulis secara terpisah saat berada di tingkatan SMA dan perguruan tinggi. Pemisahan ini bertujuan untuk menfokuskan kajian para pelajar khusus kepada ilmu fisika. Sebab, ilmu sebenarnya sangatlah luas dan dalam materinya. 

Pengertian Fisika

Uraian mengenai pengertian fisika ini akan kita bagi menjadi dua, yaitu pengertian fisika secara umum dan pengertian fisika menurut para ahli. Berikut ini akan kami jelaskan secara terperinci:

Pengertian Fisika Secara Etimologi

Secara etimologi, fisika berasal dari bahasa Yunani "fysikos" atau "fysis" yang berarti "alam". Dalam bahasa Inggris, penulisannya menjadi "physics". Yunani memang menjadi bangsa yang paling dicatat oleh sejarah sebagai peletak dasar-dasar ilmu fisika. Ada banyak ilmuwan fisika yang berasal dari bangsa Ini.

Sebut saja Leukippos dan Demokritos, guru dan murid ini merupakan orang paling awal yang mengembangkan gagasan tentang atom. Mereka merumuskan teori atom menggunakan pendekatan filsafat. Bahkan, istilah atom itu sendiri berasal dari mereka.

Pengertian Fisika Secara Terminologi

Sedangkan, secara terminologi, fisika adalah ilmu alam yang mempelajari tentang materi dan gerak, serta kaitannya dengan energi dan gaya. Pada awal perkembangannya, materi yang dipelajari dalam ilmu fisika hanya sebatas materi yang bisa diamati oleh indera penglihatan. Tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, cakupannya meluas ke materi-materi tak kasat mata, tetapi masih bisa diketahui keberadaannya dengan bantuan alat ukur.

Pengertian Fisika Secara Umum

Secara umum, fisika sering diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang materi atau zat yang meliputi sifat fisis, komposisi, perubahan, dan energi yang dihasilkannya. Dari sini, kita bisa mendapatkan gambaran bahwa bidang kajian dari ilmu fisika adalah segala materi yang ada di alam semesta. Itulah sebabnya mengapa fisika disebut juga sebagai ilmu alam. Teori, hukum dasar, atau percobaan-percobaan fisika selalu berkaitan dengan materi-materi yang ada di alam semesta, mulai dari yang terkecil (mikroskopis) sampai dengan yang terbesar (makroskopis).

Pengertian Fisika Menurut KBBI

Menurut KBBI, Fisika adalah ilmu tentang zat dan energi (seperti panas, cahaya, dan bunyi). Zat terdiri dari tiga jenis, yaitu padat, cair, dan, gas. Semua zat tersebut dipelajari dalam ilmu fisika. Selain zat, fisika juga mempelajari energi. Ada banyak jenis-jenis energi yang melingkupi alam semesta. Menurut fisika termodinamika, energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, hanya bisa berubah bentuk. 

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

Orang yang ahli di bidang fisika disebut fisikawan. Berikut ini adalah beberapa pengertian fisika menurut pendapat dari para ahli:

1. Menurut Gerthsen (1958)

Fisika adalah suatu teori yang menerangkan gejala-gejala alam dan berusaha menemukan hubungan antara kenyataannya. Persyaratan dasar untuk pemecahan persoalannya ialah mengamati gejala-gejala tersebut.

2. Menurut Herbert Druxes (1984)

Fisika adalah ilmu yang menguraikan dan menganalisa struktur dan peristiwa-peristiwa dalam alam, teknik, dan dunia di sekeliling kita. Dalam pada itu akan ditemukan aturan-aturan atau hukum-hukum dalam alam, yang mungkin dapat menerangkan gejala-gejalanya berdasarkan struktur logika antara sebab dan akibat.

3. Mundilarto (2010)

Fisika adalah ilmu yang berusaha memahami aturan-aturan alam yang begitu indah dan dengan rapih dapat dideskripsikan secara matematis.

4. Koballa dan Chiapetta (2010)

Fisika adalah bagian dari sains yang pada hakekatnya merupakan kumpulan pengetahuan, cara atau jalan berpikir, cara untuk penyelidikan tentang alam semesta ini, serta interaksi dengan teknologi dan sosial.

5. Menurut Suhandi (2011)

Fisika adalah cabang sains yang mempelajari tentang gejala alam yang terkait dengan materi dan energi.

6. Fisika Menurut Trianto (2012)

Fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkain proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal.

7. Fisika Menurut Wospakrik (2013)

Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang pada dasarnya bertujuan untuk mempelajari dan memberi pemahaman kuantitatif terhadap berbagai gejala atau proses alam dan sifat zat serta penerapannya.

8. Menurut Marthen Kanginan (2013)

Fisika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penemuan dan pemahaman mendasar tentang hukum-hukum yang menggerakkan materi, energi, ruang, dan waktu. Fisika mencakup konstituen elementer alam semesta dan interaksi-interaksi fundamental di dalamnya, sebagaimana analisa sistem-sistem yang paling dapat dimengerti dalam artian prinsip-prinsip fundamental ini. Fisika adalah studi mengenai dunia anorganik, fisik, sebagai lawan dari dunia organik seperti biologi, fisiologi, dan lainnya.

9. Menurut Nurris Septa Pratama dan Edi Istiyono (2015)

Fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam. Fisika disajikan dalam bentuk yang sederhana yang diterjemahkan dalam bahasa matematika dan dapat dipahami serta diperoleh dari hasil penelitian, percobaan, pengukuran, penyajian secara matematis.

10. Menurut Firda Nikmah dkk (2019)

Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang alam semesta yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Fisika. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Pengertian Fisika: Apa Itu Fisika? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika