Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

5+ Contoh Perubahan Fisika Karena Perubahan Wujud

Pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas tentang contoh perubahan fisika, tetapi secara spesifik pada perubahan wujud. Sebagaimana yang diketahui, perubahan fisika adalah perubahan yang terjadi pada sifat-sifat fisik suatu zat. Salah satu dari sifat fisik tersebut adalah wujud atau bentuk. Terkait dengan perubahan fisika, terdapat beberapa contoh zat yang berubah adalah wujudnya. 

contoh perubahan fisika karena perubahan wujud

Telah menjadi pengetahuan umum bahwa wujud zat terdiri dari padat, cair, gas, dan plasma. Zat dapat berubah wujud dari pada menjadi cair (dan sebaliknya), atau dari cair menjadi gas (dan sebaliknya), atau dari plasma menjadi gas (dan sebaliknya). Semua perubahan ini termasuk ke dalam perubahan fisika. Kamu bisa baca materi lengkapnya di sini: Perubahan Fisika.

Dari paparan di atas, kamu pasti telah mendapatkan gambaran mengenai contoh benda atau zat dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan fisika karena perubahan wujud. Jika ingin disebutkan semuanya, maka terdapat ratusan contoh untuk jenis perubahan fisika yang satu ini.

Olehnya itu, dalam artikel kali ini, kami hanya akan memberikan 5 contoh perubahan fisika karena perubahan wujud. Dari contoh ini, kamu bisa mengembangkannya sendiri dengan menambahkan zat-zat lainnya. 

5 Contoh Perubahan Fisika Karena Perubahan Wujud 

Berikut ini adalah 5 contoh perubahan fisika karena perubahan wujud:

1. Air yang Berubah Menjadi Es Batu

Mungkin, contoh ini yang paling sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu air berubah bentuk menjadi es batu. Supaya dapat berubah bentuk, maka air tersebut harus diturunkan suhunya dengan cara dimasukkan ke dalam lemari pendingin (kulkas). Wujud air yang semula cair, berubah bentuk menjadi padat. 

2. Es Batu Berubah Menjadi Air

Contoh ini kebalikan dari contoh di atas. Untuk mengubah es batu menjadi air, maka es batu harus dinaikkan suhu, bisa secara alami dengan cara dibiarkan di tempat terbuka, atau bisa juga melalui proses pemanasan. Es batu yang semula berbentuk padat akan berubah bentuk menjadi cair.

3. Air Berubah Wujud Menjadi Gas

Air juga dapat berubah wujud menjadi gas, peristiwa ini juga termasuk ke dalam contoh perubahan fisika. Mungkin, kamu pernah mengalami pada saat memasak air di atas kompor, tetapi setelah mendidih kamu lupa untuk menurunkannya. Tiba-tiba kamu teringat, tetapi setelah diperiksa air tersebut telah habis. 

Kemana perginya air tersebut? Semua air yang ada di atas kompor telah berubah wujud menjadi gas. Itulah sebabnya mengapa sehingga tidak ada lagi air yang tersisa. 

4. Gas Menjadi Air

Cobalah keluar ke halaman rumah pada subuh hari. Kamu pasti akan melihat titik-titik air menempel di sekitar halaman. Dari mana air tersebut, padahal semalam tidak hujan? Air tersebut berasal dari gas yang mendingin sehingga mengubah bentuknya menjadi cair. Peristiwa ini termasuk ke dalam contoh perubahan fisika karena perubahan wujud.

5. Kapur Barus Lama Kelamaan Habis

Kapur barus yang dibiarkan di tempat terbuka lama kelamaan ukurannya mengecil, kemudian habis. Apa yang membuatnya habis, padahal tidak ada yang menyentuhnya? Kapur barus yang awalnya padat telah berubah wujud menjadi gas. Peristiwa ini juga termasuk ke dalam contoh perubaha fisika karena perubahan wujud.

Kesimpulan

Jadi, jika terdapat pertanyaan mengenai contoh perubahan fisika karena perubahan wujud, maka jawabannya adalah:
  1. Air berubah wujud menjadi es batu
  2. Es batu berubah wujud menjadi air
  3. Air berubah wujud menjadi gas
  4. Gas berubah wujud menjadi air
  5. Kapur barus lama-kelamaan habis
Demikianlah penjelasan tentang Contoh Perubahan Fisika Karena Perubahan Wujud. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
5+ Contoh Perubahan Fisika Karena Perubahan Wujud Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar