Ketelitian yang Dimiliki Jangka Sorong

Daftar Isi

Tahukah kalian berapa ketelitian yang dimiliki oleh jangka sorong? Nah, di materi kali ini kita akan sama-sama belajar tentang alat ukur yang satu ini.

Setiap alat ukur pasti memiliki tingkat ketelitian, yaitu kemampuan suatu alat untuk memberikan hasil pengukuran yang mendekati ukuran sebenarnya dari variabel yang diukur.

Begitupun dengan alat ukur jangka sorong, juga memiliki tingkat ketelitian tertentu yang bisa dicapai ketika digunakan dalam pengukuran.

Seperti yang umum diketahui, jangka sorong adalah salah satu alat ukur yang dipakai dalam proses pengukuran panjang, khususnya panjang diameter benda-benda yang berbentuk bulat atau lingkaran.

Pengukuran diameter pada benda-benda tersebut akan sulit dilakukan jika menggunakan alat ukur panjang lainnya, seperti mistar.

Lantas, berapa ketelitian yang dimiliki jangka sorong? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Ketelitian yang Dimiliki Jangka Sorong

Untuk diketahui, tingkat ketelitian yang dimiliki oleh jangka sorong adalah 0,1 milimeter (mm) atau 0,01 centimeter (cm).

Nilai ini didapat dari garis-garis skala terkecil (nonius) jangka sorong yang berjarak 0,1 mm antara satu dengan yang lainnya.

Ketelitian jangka sorong lebih baik daripada mistar yang hanya memiliki ketelitian sebesar 1 mm atau 0,1 cm, namun berada di bawah mikrometer sekrup dengan ketelitian sebesar 0,01 mm atau 0,001 cm.

Keunggulan yang dimiliki jangka sorong sebagai alat ukur panjang adalah mampu melakukan pengukuran yang sulit dilakukan oleh alat ukur panjang lainnya, seperti:

  • Mengukur diameter luar, contohnya: diameter kelereng dan pensil.
  • Mengukur diameter dalam, contohnya: diameter dalam cincin dan pipa.
  • Mengukur kedalaman benda, contohnya: kedalaman gelas.

Penutup

Ketelitian yang dimiliki Jangka Sorong

Jadi, tingkat ketelitian yang dimiliki oleh jangka sorong adalah 0,1 milimeter (mm) atau 0,01 centimeter (cm).

Gimana, udah tahu kan besar ketelitian yang dimiliki jangka sorong? Jangan lupa lagi yah.

Baca Juga:

Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Nur Afdan S.Si
Nur Afdan S.Si Nur Afdan, S.Si, Sarjana Fisika Universitas Negeri Makassar. Menyukai segala hal yang berkaitan dengan fisika. Kontak: Email: afdanfisika@gmail.com

Posting Komentar