Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

5+ Sifat Gelombang Elektromagnetik

Apa kabar adik-adik? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan menjelaskan tentang sifat-sifat gelombang elektromagnetik. 

sifat gelombang elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik merupakan satu di antara sekian jenis gelombang dengan beberapa sifat-sifat tertentu yang menjadi ciri khasnya. 

Disebut dengan gelombang elektromagnetik karena gelombang ini memang merupakan hasil interaksi dua medan, yaitu medan listrik dan medan magnet.

Lantas, apa saja sifat-sifat gelombang elektromagnetik itu? Yuk, berikut ini uraiannya...

Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik

Secara khusus, ada lima sifat yang melekat pada sebuah gelombang elektromagnetik, antara lain:

1. Tidak Memerlukan Medium Perambatan

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya. Dengan kata lain, gelombang ini dapat merambat meskipun di dalam ruang hampa. 

Sifat inilah yang diterapkan dalam komunikasi luar angkasa. Sebagaimana yang diketahui, luar angkasa adalah ruang hampa udara. 

Astronot dapat berkomunikasi dengan bumi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghantarkan suara maupun gambar.

2. Tidak Dibelokkan dalam Medan Listrik dan Magnet

Gelombang elektromagnetik tidak dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet. Sifat ini sekaligus menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik tidak memiliki massa dan muatan karena medan listrik atau magnet hanya mempengaruhi partikel yang bermuatan.

3. Arah Getarannya Tegak Lurus dengan Arah Rambatan

Gelombang elektromagnetik termasuk ke dalam jenis gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatnya atau gelombang transversal.. 

Pada gelombang elektromagnetik, medan listrik E selalu tegak lurus arah medan magnetik B dan keduanya tegak lurus arah rambat gelombang.

4. Dapat Dipantulkan dan Dibiaskan

Gelombang elektromagnetik memiliki sifat-sifat gelombang, seperti pemantulan dan pembiasan. Contohnya, pemantulan dan pembiasan gelombang cahaya pada cermin dan prisma.

5. Menunjukkan Gejala Polarisasi

Gelombang elektromagnetik dapat mengalami polarisasi karena salah satu gelombang pembentuknya memiliki sifat umum seperti gelombang transversal, yaitu gelombang listrik. Bahan yang dapat mempolarisasikan gelombang elektromagnetik disebut polaroid.

Kesimpulan

Jadi, ada 5 sifat gelombang elektromagnetik, antara lain:
  1. Tidak memerlukan medium perambatan
  2. Tidak dibelokkan dalam medan listrik dan medan magnet
  3. Arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatnya
  4. Dapat dipantulkan dan dibiaskan
  5. Menunjukkan gejala polarisasi 

Nah, gimana adik-adik, udah paham kan materi sifat-sifat gelombang elektromagnetik di atas? Jika ada pertanyaan, bisa diajukan di kolom komentar.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

5+ Sifat Gelombang Elektromagnetik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar