Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Apa Fungsi Sutet pada Sistem Transmisi Energi Listrik? Ini Penjelasannya

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi atau SUTET adalah sistem transmisi yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik tegangan tinggi dari pusat pembangkit listrik ke berbagai tempat yang jauh.

apa fungsi sutet

Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan membahas tentang listrik, yaitu fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik.

Sebagaimana yang kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, listrik telah menjadi energi utama yang paling dibutuhkan. Listrik padam sebentar saja, maka semua orang langsung pusing dibuatnya.

Sebelum sampai ke rumah kita, terlebih dahulu listrik dihasilkan di tempat pembangkit listrik, kemudian di alirkan menggunakan kabel konduktor ke berbagai tempat.

Salah satu cara untuk mengalirkan energi listrik tersebut adalah menggunakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi, disingkat SUTET.

Mengapa harus SUTET? Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik? Hal inilah yang akan dijelaskan dalam materi ini.

Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Apa Itu SUTET?

Apa yang dimaksud dengan SUTET? Dalam ilmu kelistrikan, SUTET adalah singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi, yaitu suatu metode dalam mengalirkan energi listrik.
 
SUTET terdiri dari menara yang terbuat dari baja, aluminium, dan beton. Menara SUTET dibuat setinggi mungkin untuk menjaga jarak yang cukup antara kabel dengan tanah.

Sesuai dengan namanya, listrik yang dialirkan dengan metode ini adalah listrik tegangan ekstra tinggi, yaitu sekitar 275.000 volt sampai 800.000 volt. Coba bandingkan dengan tegangan listrik di rumah kita yang hanya sebesar 220 volt.

Fungsi Sutet pada Sistem Transmisi Energi Listrik

SUTET berfungsi sebagai sistem transmisi untuk menyalurkan energi listrik tegangan tinggi (275 kV - 800 kV) dari pusat pembangkit listrik ke berbagai tempat yang jauh.
 
Mengapa harus SUTET? SUTET diperlukan untuk keperluan pengiriman listrik dengan jarak yang jauh, sampai ratusan kilometer.
 
Dalam hukum fisika, pada tegangan yang sangat tinggi dan kuat arus rendah maka listrik tidak akan berubah menjadi energi panas saat dilewatkan pada suatu konduktor.
 
Wilayah negara kita yang luas dan jarak yang dibutuhkan dari sumber pembangkit listrik ke daerah tujuan sangat jauh maka dibangunlah SUTET.

Kesimpulan

Jadi, SUTET adalah sistem transmisi yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik tegangan tinggi dari pusat pembangkit listrik ke berbagai tempat yang jauh.
 
Gimana adik-adik, udah paham kan apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Apa Fungsi Sutet pada Sistem Transmisi Energi Listrik? Ini Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar