Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Alat untuk Menyelidiki Pemuaian Berbagai Zat Padat

Musschenbroek adalah alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian berbagai zat padat. Alat ini ditemukan oleh seorang ilmuwan Belanda bernama Pieter van Musschenbroek. 

Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan membahas tentang alat untuk menyelidiki pemuaian berbagai zat padat. 

Sebagaimana yang pernah dijelaskan, pemuaian adalah pertambahan ukuran suatu benda karena kenaikan suhu

Pemuaian tersebut bisa terjadi pada semua zat ketika zat mendapatkan kalor/panas sehingga suhunya meningkat, tak terkecuali pada zat padat.

Pemuaian pada zat padat terdiri dari pemuaian panjang, luas, dan volume. Besar pemuaiannya dipengaruhi oleh ukuran awal, koefisien muai, dan perubahan suhu.

Lantas, apakah nama alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian zat padat? Nah, hal inilah yang akan dijelaskan dalam materi ini.

Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Alat untuk Menyelidiki Pemuaian Berbagai Zat Padat

Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian berbagai zat padat disebut musschenbroek. Alat ini dilengkapi dengan jarum skala penunjuk yang dapat mengukur pertambahan ukuran zat padat.

Umumnya, musschenbroek digunakan untuk menyelidiki besar pemuaian panjang zat padat yang berbentuk batang, seperti logam. 
musschenbroek menyelidiki pemuaian zat padat
Batang logam yang akan diukur pertambahan ukurannya diletakkan di atas musschenbroek, kemudian dipanaskan menggunakan pembakar spiritus.

Suhu batang logam akan naik dan lama-kelamaan panjangnya bertambah. Pertambahan panjang ini akan mendorong jarum yang ujungnya sejajar dengan skala.

Jarum skala akan menunjukkan besar pertambahan panjang dari batang logam.

Kesimpulan

Jadi, alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian berbagai zat padat disebut musschenbroek. Alat ini dilengkapi dengan jarum skala penunjuk yang dapat mengukur pertambahan ukuran zat padat.
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan alat untuk menyelidiki pemuaian berbagai zat padat? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Alat untuk Menyelidiki Pemuaian Berbagai Zat Padat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar