Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

5+ Objek yang Dipelajari dalam IPA dan Contoh

Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.

Objek yang Dipelajari dalam IPA

Halo adik-adik, kali ini kakak menjelaskan objek-objek yang dipelajari dalam IPA. Bisa kalian sebutkan apa sajakah objek itu? Biasanya pertanyaan ini diberikan pada siswa kelas 7 SMP/MTs.

Jadi, objek tersebut dapat berupa benda yang sangat kecil, semisal bakteri, virus, bahkan partikel-partikel penyusun atom. 

Selain objek benda sangat kecil, dapat berupa benda-benda dengan ukuran besar seperti lautan, bumi, matahari, hingga jagat raya.
Secara garis besar, objek yang dipelajari IPA dapat dimasukkan ke dalam dua kelompok, yaitu biotik dan abiotik. Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Objek yang Dipelajari dalam IPA

Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh gejala biotik dan gejala abiotik:

1. Biotik

Biotik adalah komponen yang meliputi semua makhluk hidup yang ada di alam, seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan mikrorganisme. Tumbuhan berperan sebagai produsen, hewan dan manusia berperan sebagai konsumen, dan mikroorganisme berperan sebagai pengurai (dekomposer).

Faktor-faktor komponen biotik dapat dibagi menjadi suatu sistem tingkatan organisme makhluk hidup. Tingkatan-tingkatan makhluk hidup tersebut akan saling berinteraksi dan membentuk satu sistem yang menunjukkan kesatuan.

2. Abiotik

Abiotik adalah komponen ekosistem yang berupa benda-benda tidak hidup seperti tanah, air, udara, cahaya, suhu, gravitasi, serta kondisi geografi seperti kelembaban, arus angin, pH, iklim, topografi, dan arus air.

Contoh Objek yang Dipelajari dalam IPA

Berikut ini adalah lima (5) contoh objek yang dipelajari dalam IPA:
  1. Bakteri dan virus
  2. Partikel-partikel penyusun atom
  3. Lautan dan Bumi
  4. Matahari
  5. Peristiwa dan fenomena alam lainnya. 

Kesimpulan

Jadi, objek yang dipelajari dalam IPA adalah meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya. Contohnya:
  1. Bakteri dan virus
  2. Partikel-partikel penyusun atom
  3. Lautan dan Bumi
  4. Matahari
  5. Peristiwa dan fenomena alam lainnya.
Gimana adik-adik, udah paham kan materinya? Jangan bingung lagi yah jika mendapat pertanyaan "Sebutkan Objek yang Dipelajari dalam IPA". Kalian jawab aja menggunakan penjelasan di atas.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
5+ Objek yang Dipelajari dalam IPA dan Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar