Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Alat untuk Mengukur Tebal Pelat Seng

Alat untuk mengukur tebal pelat seng adalah mikrometer sekrup. Alat ini memiliki ketelitian 0,01 mm sering digunakan untuk mengukur benda berbentuk lembaran atau pelat.

Halo adik-adik, kali ini kakak akan menjelaskan salah satu alat yang digunakan dalam pengukuran panjang, yaitu mikrometer sekrup. Sebagaimana yang diketahui, alat ukur panjang ada bermacam-macam, seperti mistar, rol meter, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

Mengapa kita perlu menggunakan mikrometer sekrup? Karena, tidak semua benda bisa diukur dengan mistar, rol meter, atau dengan jangka sorong.

Benda dengan dimensi besar, bisa diukur panjangnya dengan mistar atau rol meter. Benda dengan dimensi agak kecil, bisa diukur dengan jangka sorong. Tetapi, semua alat ukur ini akan kesulitan untuk mengukur benda dengan dimensi pelat atau tipis.

Baca Juga:
Baiklah, kakak mulai saja pembahasannya...

Alat untuk Mengukur Tebal Pelat Seng 

Alat yang tepat untuk mengukur tebal pelat seng adalah mikrometer sekrup. Dengan ketelitian sebesar 0,01 mm, mikrometer sekrup sering digunakan untuk mengukur benda-benda berbentuk lembaran tipis atau pelat, seperti; kertas, seng, diameter kawat, dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari, mikrometer sekrup sering digunakan oleh tukang servis kulkas dan pompa air untuk mengukur diameter kawat tembaga yang akan digunakan untuk mengganti kumparan kawat yang telah rusak.

Berikut ini adalah gambar penampakan dari mikrometer sekrup:

Alat untuk Mengukur Tebal Pelat Seng
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Alat untuk Mengukur Tebal Pelat Seng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar