Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Panjang: Dimensi dan Satuan SI (Lengkap)

Halo adik-adik, tahukah kalian lambang dimensi panjang? Lantas, apa satuan panjang dalam SI? Nah, dua poin inilah yang akan kakak jelaskan pada pembahasan kali ini. Sebenarnya, materi seputar besaran panjang telah kakak singgung sedikit dalam materi sebelumnya, yaitu besaran pokok

Panjang: Dimensi dan Satuan SI (Lengkap)

Dalam materi tersebut diterangkan bahwa panjang adalah besaran paling dasar dalam fisika atau umum disebut sebagai besaran pokok. Panjang merupakan satu (1) diantara tujuh (7) besaran pokok yang menyusun keseluruhan bangunan besaran ilmu fisika. 

Besaran panjang menjadi salah satu besaran yang didefinisikan terlebih dahulu oleh Biro Internasional untuk Ukuran dan Timbangan, BIPM. Yuk, sekarang kita akan masuk ke inti materinya, yaitu mengenai dimensi dan satuan besaran panjang dalam SI.

Pengertian Panjang

Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari sisi ke sisi.

Dalam ilmu fisika, panjang merupakan salah satu contoh besaran yang dimasukkan ke dalam tujuh (7) anggota besaran pokok.

Satuan Panjang dalam SI

Besaran panjang dalam SI memiliki satuan meter. Satu (1) meter standar adalah panjang jarak tempuh cahaya dalam ruang hampa dalam selang waktu 1/299.792.458 sekon dengan prediksi bahwa kecepatan cahaya dalam ruang hampa adalah tetap sebesar 299.792.458 m/s.

Sejarah Satuan Panjang

Pada awalnya, standar panjang internasional adalah sebuah batang yang terbuat dari campuran platina iridium yang disebut meter standar. Meter standar ini disimpan di Sevres, Paris, Prancis.

Satu meter didefinisikan sebagai jarak antara dua goresan yang terdapat pada meter standar pada suhu 0 0C sehingga jika diukur dengan meter standar, jarak antara Kutub Utara dan ke khatulistiwa melalui kota Paris sejauh 10 juta meter.

Ternyata, ada beberapa kelemahan dalam penggunaan meter standar tersebut, di antaranya sebagai berikut:
  • Batang platina iridium mudah dipengaruhi temperatur terutama di negara yang memiliki iklim berubah-ubah sehingga akan mengalami pemuaian atau penyusutan panjang.
  • Sebagai standar primer, jika mengalami kerusakan sukar dibuat ulang.
  • Ketelitian pengukurannya tidak sesuai dengan kemajuan teknologi. 
Dari beberapa kelemahan tersebut, dibutuhkan meter standar baru yang menggunakan panjang gelombang cahaya dari zat yang mudah diketahui dengan cepat dan teliti.

Pada 1960, ditetapkan bahwa meter standar sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom Krypton-86 (Kr-86) di dalam ruang hampa.

Dengan kemajuan teknologi, meter standar mengalami perubahan kembali. Berdasarkan Conference General des Poids et Measures ke-17 pada 1983 diputuskan bahwa satu (1) meter standar adalah panjang jarak tempuh cahaya dalam ruang hampa dalam selang waktu 1/299.792.458 sekon dengan prediksi bahwa kecepatan cahaya dalam ruang hampa adalah tetap sebesar 299.792.458 m/s. Ini merupakan meter standar yang digunakan hingga kini.

Dimensi Panjang

Kalian masih ingat apa itu dimensi besaran pokok? Yah, dimensi besaran pokok adalah dimensi primer yang dituliskan dengan simbol atau lambang tertentu di dalam kurung persegi.

Bagi besaran lain selain besaran pokok, dimensi ini berfungsi untuk menunjukkan cara besaran itu tersusun dari besaran pokok.

Tiap besaran pokok mempunyai satu lambang dimensi. Untuk besaran panjang, maka dimensinya adalah:
[L]

Jadi, lambang dimensi besaran panjang adalah [L].
Panjang: Dimensi dan Satuan SI (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar