Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

5+ Perubahan Wujud Benda Padat dan Contoh

Apa kabar adik-adik sekalian? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat. Kakak tahu, saat ini kalian sedang mencari materi perubahan wujud benda padat dan contohnya. Olehnya itu, kakak akan menjelaskannya untuk kalian. Dibaca yah materinya sampai tuntas agar kalian bisa paham dan menguasai materinya dengan baik.

Perubahan Wujud pada Benda Padat

perubahan wujud pada benda padat

Sekedar informasi, materi perubahan wujud pada benda padat ini juga sedang kakak ajarkan kepada para siswa di sekolah. Di tingkat SMP/MTS, materi ini masuk ke dalam mata pelajaran IPA Terpadu dan dipelajari oleh siswa kelas 7. Sementara itu, di tingkat SMA, materi perubahan wujud benda masuk ke dalam mata pelajaran fisika dan dipelajari oleh siswa kelas X. 

Baiklah, kakak mulai saja materinya...

Perubahan Wujud Benda

Sebagaimana yang kalian ketahui, perubahan wujud bisa terjadi di semua benda atau zat, seperti benda padat, cair, dan gas. Tahukah kalian apa yang menyebabkan perubahan wujud tersebut? Yah benar, jawabannya adalah kalor atau panas. Jadi, perubahan wujud benda sangat erat kaitannya dengan aktivitas kalor atau panas yang ada pada sebuah benda.

Penjelasannya sederhananya begini, benda memiliki potensi untuk berubah wujud ketika benda tersebut mendapatkan atau melepaskan kalor. Masih ingat gambar segitiga benda yang diajarkan oleh guru di sekolah? Berikut ini kakak berikan gambarnya lengkap dengan aktivitas kalor atau panas (perhatikan warna panah):
perubahan wujud benda akibat kalor panas
Penjelasan dari gambar di atas adalah sebagai berikut:
  • Benda padat yang menerima kalor akan berubah menjadi benda cair
  • Benda cair yang menerima kalor akan berubah menjadi benda gas
  • Benda gas yang menerima kalor akan berubah menjadi benda padat
  • Benda cair yang melepaskan kalor akan berubah menjadi benda padat
  • Benda gas yang melepaskan kalor akan berubah menjadi benda cair
  • Benda gas yang melepaskan kalor akan berubah menjadi benda padat
Nah, uraian di atas merupakan penjelasan umum mengenai perubahan wujud pada semua benda. Sekarang kita akan fokus kepada perubahan wujud pada benda padat. 

Perubahan Wujud Benda Padat

Jika kalian telah memahami materi di atas, maka kalian pasti akan langsung tahu bahwa benda padat bisa berubah bentuk menjadi cair dan gas. Benda padat akan berubah menjadi cair atau gas apabila benda padat tersebut menerima kalor atau panas. Jadi, terdapat dua kemungkinan perubahan bentuk pada benda padat, yaitu bisa berbentuk cair dan bisa juga berbentuk gas.

Nah, jadi setelah mengetahui perubahan wujud benda padat, bisakah kalian sebutkan apa saja contohnya? Yuk, mari kakak bantu jelaskan. 

Contoh Perubahan Wujud Benda Padat

 Beberapa contoh perubahan wujud benda padat antara lain sebagai berikut:

1. Mencair

Mencair adalah perubahan wujud benda dari padat menjadi cair

Mencair adalah perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Benda padat akan berubah menjadi cair ketika menerima sejumlah kalor atau panas dari lingkungan. Di rumah kalian ada kulkas kan? Nah, sekarang coba keluarkan es batu dari dalam kulkas, kemudian letakkan di luar di bawah terik matahari. Apa yang terjadi dengan es batu tersebut? Yah benar, es batu yang awalnya padat akan berubah menjadi air. Contoh yang lain adalah es krim.

2. Mencair-Menguap

Mencair-menguap adalah perubahan wujud benda dari padat menjadi cair kemudian menjadi gas

Mencair-menguap adalah perubahan wujud benda dari padat menjadi cair kemudian menjadi gas. Jadi, hasil akhir dari perubahan benda padat ini adalah berbentuk gas. Kita ambil contoh es batu tadi, setelah sekian lama di letakkan di luar rumah, maka lama-kelamaan air yang ada dalam wadah akan habis. Kemana perginya air tersebut? Yah, habis berubah menjadi gas (menguap) menyatu dengan udara.

3. Membeku

Membeku adalah perubahan wujud benda dari cair menjadi padat

Membeku adalah perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Jadi, jenis perubahan yang satu ini merupakan kebalikan dari peristiwa mencair. Benda cair akan berubah menjadi padat ketika benda cair tersebut melepaskan kalor atau panas. Kalian bisa praktekkan hal ini, coba letakkan sejumlah air di dalam wadah, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Setelah beberapa jam, seluruh air tersebut akan berubah menjadi padat (membeku).

4. Menyublim

menyublim kapur barus perubahan benda padat

Perubahan selanjutnya yang bisa terjadi pada benda padat adalah langsung berubah menjadi gas. Jadi, proses ini lebih singkat dari poin kedua di atas, yaitu tidak melalui fase cair. Dalam kehidupan sehari-hari, contoh dari perubahan ini adalah pada peristiwa habisnya kapur barus setelah diletakkan beberapa lama. Permukaan kapur barus tersebut sedikit demi sedikit berubah menjadi gas sampai benar-benar habis.

5. Mengkristal

mengkristal salju perubahan benda padat

Nah, mengkristal ini merupakan kebalikan dari menyublim. Jadi, mengkristal adalah peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi padat. Gas akan memadat ketika gas tersebut melepaskan kalor atau panas. Contoh mengkristal adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju. Uap yang telah mendingin akan berubah bentuk menjadi es kemudian menggumpal membentuk awan. Uap air yang terus bertambah lama kelamaan akan pecah dan partikelnya berbentuk salju turun ke bumi.

Nah, demikianlah penjelasan tentang Perubahan Wujud Benda Padat. Semoga penjelasan kakak ini bisa membantu kalian memahami perubahan wujud pada benda padat. Bagikan materi ini agar teman-teman lainnya bisa membacanya, terima kasih.
5+ Perubahan Wujud Benda Padat dan Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar