Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

[Jawaban] Pada Saat Mengukur Tekanan Darah dengan Tensimeter Berlaku Hukum?

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "Pada saat mengukur tekanan darah dengan tensimeter berlaku hukum?" Untuk menjawab soal ini, maka kalian harus memahami terlebih dahulu materi tekanan. Di dalam materi tersebut, dijelaskan jenis-jenis tekanan dan perilakunya yang terjadi pada zat padat dan fluida (gas dan cair).

Pada Saat Mengukur Tekanan Darah dengan Tensimeter Berlaku Hukum

Berkaitan dengan soal di atas, maka ruang lingkup materinya berkaitan dengan tekanan pada zat cair, karena darah termasuk ke dalam zat cair. Di dalam materi tekanan pada zat cair, terdapat dua hukum terkenal, yaitu Hukum Archimedes dan Hukum Pascal. Kira-kira mana di antara kedua hukum tersebut yang cocok dengan bunyi soal?

Oleh karena itu, ada baiknya kalau kita menguraikan terlebih dahulu masing-masing hukum tersebut agar bisa menarik kesimpulan yang tepat mengenai hukum yang berlaku pada saat mengukur tekanan darah dengan tensimeter.

Yuk, berikut ini uraiannya...

Pada Saat Mengukur Tekanan Darah dengan Tensimeter Berlaku Hukum? 

Dua hukum yang sering disebut dalam pembahasan tekanan pada zat cair adalah Hukum Archimedes dan Hukum Pascal. Berikut ini sengaja kami bahas kedua hukum tersebut untuk melihat mana yang paling cocok dengan tensimeter:

1. Hukum Archimedes

Hukum Archimedes ditemukan oleh ilmuwan Yunani Kuno yang bernama Archimedes of Syracuse (288 SM - 212 SM). Hukum ini berbunyi:
Benda yang tercelup ke dalam zat cair, baik sebagian atau seluruhnya, akan mendapatkan gaya angkat ke atas yang besarnya sama dengan zat cair yang dipindahkan.
Hukum Archimedes disebut juga dengan Hukum Gaya Angkat ke Atas atau Gaya Apung. Jadi, hukum ini berlaku pada benda-benda yang tercelup di dalam zat cair.  

2. Hukum Pascal

Hukum Pascal ditemukan oleh ilmuwan asal Prancis yang bernama Blaise Pascal (1623 M - 1662 M). Hukum ini berbunyi:
Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar.
Jadi, Hukum Pascal mengatur perilaku dari zat cair yang berada pada sistem tertutup.

3. Hukum yang Berlaku pada Tensimeter

Dari penjelasan di atas, maka hukum yang berlaku pada tensimeter pada saat mengukur darah adalah Hukum Pascal. Alasannya, karena tekanan pada pembuluh darah merupakan tekanan yang berada pada ruang tertutup. 

pengukuran tekanan darah dengan tensimeter

Ketika jantung memompa darah, darah akan mendapatkan dorongan sehingga mengalir melalui pembuluh darah. Dorongan lebih lanjut dilakukan oleh darah pada dinding pembuluh darah. Inilah yang disebut dengan tekanan darah.  

Pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter dilakukan melalu pembuluh nadi (arteri) besar. Caranya adalah alat akan dipasang di tangan bagian lengan atas. Tekanan darah normal berkisar antara 120/80 mmHg.

Kesimpulan

Pada Saat Mengukur Tekanan Darah Dengan Tensimeter, Berlaku Hukum...
  • A. Pascal
  • B. Archimedes
  • C. Boyle
  • D. Newton
Jawaban: A. Pascal 
 
Demikianlah jawaban dari pertanyaan "Pada Saat Mengukur Tekanan Darah dengan Tensimeter Berlaku Hukum?" Bagikan jawaban ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Pada Saat Mengukur Tekanan Darah dengan Tensimeter Berlaku Hukum? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar