Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

[Jawaban] Urutan Metode Ilmiah Setelah Merumuskan Masalah

Urutan metode ilmiah setelah merumuskan masalah adalah pengajuan hipotesis, yaitu dugaan atau jawaban sementara yang belum terbukti kebenarannya. 

Metode ilmiah terdiri dari kumpulan langkah, tahapan, atau prosedur untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Seluruhnya tersusun secara berurutan dan sistematis, setelah satu tahapan dilakukan dilanjutkan ke tahapan selanjutnya. Setiap tahapan atau langkah tidak boleh saling mendahului, harus dilakukan sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam metode ilmiah.

Urutan Metode Ilmiah

Urutan Metode Ilmiah Setelah Merumuskan Masalah

Merumuskan masalah adalah salah satu dari tahapan penting dalam metode ilmiah. Dalam sebuah penelitian, masalah perlu dirumuskan secara spesifik sehingga bisa memberikan arah atau panduan bagi jalannya penelitian. Dengan rumusan masalah, peneliti bisa fokus untuk mengungkap variabel-varibel yang disebutkan dalam rumusan masalah.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan urutan metode ilmiah setelah merumuskan masalah. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang metode ilmiah semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Urutan Metode Ilmiah Setelah Merumuskan Masalah 

Setelah merumuskan masalah, maka urutan selanjutnya adalah pengajuan hipotesis. Apa itu hipotesis? Secara umum, hipotesis sering diartikan sebagai dugaan, prediksi, atau jawaban sementara yang diajukan sebelum melakukan penelitian. Mengapa disebut dugaan? Karena pernyataan yang dirumuskan dalam hipotesis belum terbukti kebenarannya.

Tugas peneliti adalah membuktikan seluruh pernyataan yang terangkum dalam hipotesis. Taraf kebenaran prediksi ini akan sangat bergantung pada taraf kebenaran dan ketepatan landasan teori yang mendasarinya, serta sejauh mana hipotesis tersebut didukung oleh fakta-fakta penelitian.

Kesimpulan

Jadi, jika terdapat pertanyaan urutan metode ilmiah setelah merumuskan masalah, maka jawabannya adalah pengajuan hipotesis.

Demikianlah penjelasan tentang Urutan Metode Ilmiah Setelah Merumuskan Masalah. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Urutan Metode Ilmiah Setelah Merumuskan Masalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar