Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

16+ Hubungan Hukum Newton dengan Peristiwa Sehari-hari

Bisakah kamu jelaskan hubungan Hukum Newton dengan peristiwa sehari-hari? Nah, agar hubungan tersebut bisa terjelaskan dengan baik, tentu saja kamu harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa Hukum Newton itu. Sebelumnya, kami telah menyajikan artikel lengkap tentang Hukum Newton. Kalian bisa membacanya di sini: Hukum Newton 1, 2, dan 3.

Hubungan Hukum Newton

Hubungan Hukum Newton dengan Peristiwa Sehari-hari

Setelah membaca artikel tersebut, dengan sendirinya kalian akan mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara Hukum Newton dengan peristiwa sehari-hari. Sudah pasti terdapat hubungan yang sangat erat, karena Newton merumuskan hukum tersebut berdasarkan pengamatannya terhadap segala fenomena yang terjadi di alam sekitar.

Hukum Newton 1, 2, dan 3 adalah hukum yang menjelaskan tentang gerak dan penyebab terjadinya gerak tersebut. Bagi kamu yang pernah atau sedang belajar fisika, pasti pernah mendapatkan materi tentang Hukum Newton. Hukum ini tercipta lebih dari 3 abad yang lalu, terhitung sejak pertama kali dipublikasikan oleh Newton pada tahun 1687.

Lantas, bagaimana hubungan Hukum Newton dengan peristiwa sehari-hari? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membantu kalian untuk melihat seperti apa hubungan antara Hukum Newton dengan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan kalian tentang Hukum Newton semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Hukum Newton

Sebagaimana yang diketahui, Hukum Newton ada tiga, yang populer disebut dengan Hukum 1 Newton, Hukum 2 Newton, dan Hukum 3 Newton. Kalian pasti ingat dengan ketiga hukum ini. Materi dalam artikel kali ini akan kami jelaskan dengan cara menguraikan secara terpisah hubungan masing-masing Hukum Newton tersebut dengan peristiwa sehari-hari.

Hubungan Hukum 1 Newton dengan Peristiwa Sehari-hari

Hukum 1 Newton berbunyi: Jika resultan gaya (ΣF) yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda yang awalnya diam akan tetap diam. Benda yang awalnya bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan dengan kecepatan konstan. 
Berikut ini adalah beberapa contoh peristiwa sehari-hari yang ada hubungannya dengan Hukum 1 Newton:
  1. Pada saat kalian menumpang sebuah mobil, ketika pengemudi menginjak pedal gas, maka tubuh akan terdorong ke belakang. Menurut Hukum 1 Newton, dorongan ke belakang terjadi karena tubuh berusaha mempertahankan kelembamannya sebelum pengemudi menginjak pedal gas.
  2. Pada saat pengemudi mobil menginjak pedal rem, maka tubuh akan terdorong ke depan. Penyebabnya sama dengan peristiwa pertama di atas, yaitu tubuh sedang berusaha untuk mempertahankan kelembamannya.
  3. Pada saat pengemudi memutar setir hendak berbelok, tubuh akan terdorong ke samping. Penyebabnya sama dengan contoh peristiwa pertama dan kedua di atas.
  4. Buku yang diletakkan diam di atas meja. Diamnya buku di atas meja karena resultan gaya yang bekerja pada buku tersebut sama dengan nol. Keadaannya akan tetap diam selamanya asalkan tidak ada gaya tambahan yang mengganggu keseimbangannya.
  5. Seekor kuda berlari dengan kecepatan konstan sambil membawa sebuah paket di punggungnya. Secara tiba tiba kuda tersebut berhenti sehingga paket terlempar ke depan.  
  6. Seorang joki kuda mengikuti kompetisi final berkuda. Pada menit terakhir, kuda yang ditungganginya berhenti secara mendadak sehingga joki terpental ke depan.

Hubungan Hukum 2 Newton dengan Peristiwa Sehari-hari

Hukum 2 Newton berbunyi: Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. 

Berikut ini adalah beberapa contoh peristiwa sehari-hari yang ada hubungannya dengan Hukum 2 Newton:
  1. Meja yang didorong oleh dua orang akan bergerak lebih cepat dibanding meja yang didorong oleh 1 orang. Menurut Hukum 2 Newton, percepatan sebuah benda sebanding dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut.
  2. Lemari yang berisi penuh pakaian akan sulit bergerak saat diberikan dorongan. Akan tetapi, ketika semuanya isinya dikeluarkan, lemari tersebut terasa mudah bergerak. Menurut Hukum 2 Newton, percepatan sebuah benda berbanding terbalik dengan massa benda. Itulah sebabnya saat massa dikurangi, benda terasa mudah untuk digerakkan.
  3. Saat sebuah benda didorong oleh dua orang secara bersamaan dengan arah yang berlawanan (kiri-kanan), akan terjadi tiga kemungkinan. Pertama, benda tidak bergerak apabila kedua orang mengeluarkan gaya yang sama besar. Kedua, benda akan bergerak ke kiri apabila gaya ke kiri lebih besar dari gaya ke kanan. Ketiga, benda akan bergerak ke kanan apabila gaya ke kanan lebih besar dari gaya ke kiri. Menurut Hukum 2 Newton, arah percepatan mengikuti arah resultan gaya.
  4. Dua ekor badak jantan bermassa sama melakukan adu kekuatan. Keduanya saling mendorong dengan gaya yang sama, sehingga tidak ada satu pun badak yang bergeser dari posisinya. Penyebabnya adalah resultan gaya yang bekerja sama dengan nol sehingga percepatan juga sama dengan nol.
  5. Seekor banteng jantan mendorong anak kijang dengan kekuatan penuh hingga terpental jauh. Resultan gaya yang dikeluarkan oleh banteng, membuat anak kijang mengalami percepatan. 
  6. Seekor gajah betina mendorong anaknya ke sungai untuk minum. Gajah betina tersebut mendorong anaknya dengan hati-hati karena massa tubuhnya yang jauh lebih besar daripada massa tubuh anaknya. 
  7. Seekor jerapah jantan memiliki kepala yang besar untuk menyerang jerapah jantan lainnya saat dewasa.

Hubungan Hukum 3 Newton dengan Peristiwa Sehari-hari 

Hukum 3 Newton berbunyi: Ketika sebuah benda memberikan gaya pada benda kedua, di saat bersamaan benda kedua akan memberikan gaya terhadap benda pertama dengan besar yang sama tetapi berlawanan arah. 

Berikut ini adalah beberapa contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan Hukum 3 Newton:
  1. Seekor anak badak bermain dengan induknya. Anak badak tersebut terpental ke belakang karena mencoba mendorong induknya dengan kuat. Menurut Hukum 3 Newton, setiap terjadinya gaya aksi (anak badak), di saat bersamaan akan muncul gaya reaksi (induk badak).
  2. Seekor elang terbang bebas di udara dengan cara mengepakkan sayapnya ke bawah. Kecepatan udara yg lebih cepat di bagian atas sayap mengakibatkan elang tersebut terangkat ke atas. Kepakan sayap elang adalah gaya aksi kepada udara, udara memberikan gaya reaksi yang sama besar tetapi berlawanan arah yang membuat elang terdorong ke atas.
  3. Seekor ikan berenang di dalam air dengan cara menggerakkan siripnya ke belakang. Gerakan sirip pada air (gaya aksi), di saat bersamaan air mengeluarkan gaya reaksi pada sirip yang membuat ikan bisa terdorong ke depan.
Demikianlah penjelasan tentang Hubungan Hukum Newton dengan Peristiwa Sehari-hari. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
16+ Hubungan Hukum Newton dengan Peristiwa Sehari-hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar