Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

13+ Cabang Cabang Penting Ilmu Fisika

Fisika adalah ilmu pengetahuan alam yang terbagi ke dalam beberapa cabang. Masing-masing cabang fisika tersebut memiliki fokus kajian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pembagian ilmu fisika sekaligus membuktikan bahwa fisika merupakan ilmu yang sangat luas. Hal ini sejalan dengan fakta banyaknya segi dari alam semesta yang bisa dipelajari secara terpisah.

Cabang Cabang Ilmu Fisika

13+ Cabang Cabang Penting Ilmu Fisika

Seluruh cabang fisika telah memainkan banyak peran dalam kehidupan manusia. Berikut ini adalah cabang-cabang penting yang ada dalam ilmu fisika:

1. Mekanika

Mekanika adalah salah satu cabang ilmu fisika, yaitu ilmu yang mempelajari gerakan dan perubahan bentuk benda yang diakibatkan oleh gaya. Mekanika merupakan cabang ilmu periode awal atau tertua dari semua cabang ilmu fisika. Deretan fisikawan yang meletakkan dasar-dasar mekanika antara lain: Archimedes, Galileo Galilei, dan Issac Newton. 

Mekanika merupakan cabang ilmu fisika yang banyak sekali diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah terpenting dalam mekanika adalah bagaimana benda bisa bergerak dan apa penyebabnya. Masalah ini dipecahkan oleh Newton dalam hukum geraknya. Cabang fisika mekanika terbagi lagi menjadi dua, yaitu kinematika dan dinamika.
  • Kinematika adalah salah satu bagian dari mekanika yang mempelajari masalah gerak suatu materi tanpa memperhatikan penyebab benda tersebut bergerak. 
  • Dinamika adalah cabang ilmu mekanika yang mempelajari hubungan antara gerak suatu benda dengan penyebab terjadinya gerak, yaitu gaya.

2. Mekanika Fluida

Cabang selanjutnya dalam ilmu fisika adalah mekanika fluida. Mekanika fluida berasal dari kata mekanika dan fluida. Mekanika adalah ilmu yang mempelajari tentang gerakan, sedangkan fluida adalah suatu zat yang bila diberikan gaya kepadanya, zat tersebut akan berubah bentuk secara kuntinu karena tidak mampu menahan gaya, sekecil apa pun gaya tersebut bekerja.

Jadi, mekanika adalah ilmu yang mempelajari gerak pada fluida (cair, gas dan plasma) dan gaya yang bekerja padanya. Mekanika fluida merupakan ilmu yang telah lama diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sejak zaman dahulu kala tanpa kita sadari kegiatan manusia banyak yang berhubungan dengan ilmu mekanika fluida. 

Hukum-hukum yang terkenal dalam mekanika fluida seperti Hukum Archimedes, Hukum Pascal, dan Hukum Bernoulli. Cabang fisika mekanika fluida terbagi lagi menjadi dua, yaitu kinematika fluida dan dinamika fluida.
  • Kinematika fluida adalah cabang mekanika fluida yang mempelajari perilaku fluida yang berada dalam kondisi diam atau tidak bergerak.
  • Dinamika fluida adalah cabang mekanika fluida yang mempelajari fluida bergerak atau mengalir.

3. Termodinamika 

Ilmu fisika juga memiliki cabang yang bernama termodinamika. Secara sederhana, termodinamika adalah ilmu yang mengkaji tentang transformasi energi, perubahan keadaan dan kesetimbangan sekumpulan partikel yang membentuk gas, zat cair dan padat terutama yang berkaitan dengan sifat termal atau panas. 

Termodinamika sering juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lain, terutama perubahan dari energi panas ke dalam bentuk energi lain. Fisikawan yang terkenal sebagai bapak termodinamika adalah Sadi Carnot.

4. Elektronika

Elektronika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang pengendalian partikel bermuatan di dalam ruang hampa, gas, dan bahan semikonduktor. Dengan kata lain, elektronika merupakan sebuah cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara mengalirkan dan mengendalikan elektron serta perilaku dan efeknya ketika berada dalam suatu medium seperti vacuum, gas, bahan semikonduktor dan dalam suatu divais.

Elektronika terbagi lagi menjadi beberapa cabang, antara lain:
  • Elektronika digital adalah sistem elektronik yang bekerja dengan sistem digital atau sinyal diskrit.
  • Elektronika analog adalah sistem elektronik yang memiliki sinyal kontinu.
  • Mikroelektronik adalah alat elektronik yang menggunakan konsep integrasi (integrated circuit-IC)
  • Rangkaian terintegrasi (IC) adalah komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan Transistor.
  • Optoelektronik  adalah komponen elektronika yang menggunakan sifat-sifat cahaya atau interaksi cahaya dengan materi.

5. Optika Geometri

Optika geometri adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari mengenai sifat pemantulan dan pembiasan cahaya. Hukum yang terkenal dalam cabang fisika ini adalah hukum Snellius. Dasar-dasar dalam optika geometris adalah sebagai berikut:
  • Lintasan sinar di dalam medium yang homogen adalah lurus
  • Sinar-sinar tidak berpengaruh satu terhadap yang lain
  • Lintasan sinar dapat dibalik
  • Lintasan sinar mematuhi hukum-hukum Snellius untuk pemantulan dan pembiasan

6. Optika Fisis

Optika fisis adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari sifat-sifat interferensi, difraksi, dan polarisasi cahaya. Dalam pengertian yang lain, optika fisis adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat fisis dari cahaya sebagai gelombang. Cahaya bersifat polikromatik artinya terdiri dari banyak warna yang disebut dengan spektrum warna.

7. Fisika Kuantum

Fisika kuantum adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari sifat-sifat fisika pada materi berskala atomik atau sub atomik. Esensi fisika kuantum adalah ketidakpastian, ramalan dalam teori kuantum lebih bersifat kemungkinan, bukan kepastian. Fisika kuantum merupakan cabang fisika yang akan mengajak kita melihat dunia fisika dari sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang yang melihat materi tidak hanya sebagai materi, tetapi juga sebagai gelombang. 

8 Fisika Medis

Fisika medis adalah cabang ilmu fisika yang menggunakan prinsip, metode, dan filosofi fisika dalam praktik dan penelitian untuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit. Ilmu fisika medis diperlukan untuk mengurangi resiko alat-alat yang menggunakan radiasi dengan cara melaksanakan dan mengembangkan metode penjaminan kualitas dari segi keamanan dan kelayakan peralatan radiasi medis secara utuh.

9. Biofisika 

Biofisika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari fenomena fisika pada makhluk hidup. Biofisika merupakan perpaduan antara biologi dan fisika. Dalam biofisika, proses biologis dipelajari dengan menggunakan metode fisika. Metode tersebut diterapkan pada organisme dan sistem biologis untuk mendapatkan wawasan tentang cara kerjanya

10. Geofisika

Geofisika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari bumi termasuk atmosfer yang menyelubunginya. Geofisika merupakan pengetahuan mengenai sifat-sifat fisika bumi dan di dalam aplikasinya meliputi metode-metode: seismik, gravitasi, magnetik, listrik dan radioaktif. Geofisika adalah gabungan dari ilmu fisika dan geografi.

11. Fisika Lingkungan

Fisika lingkungan adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari segala sesuatu tentang bumi dan udara, serta yang terkait dengan lingkungan. Fisika lingkungan terbagi lagi ke dalam beberapa cabang, yaitu fisika tanah (permukaan dan dalam), fisika air, fisika udara, fisika laut, fisika gempa, fisika awan, fisika atmosfer, dan fisika cuaca.

12. Astrofisika

Astronomi adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari angkasa dan segala isinya. Dengan kata lain, Astrofisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit seperti bulan, planet-planet, bintang-bintang, termasuk matahari. Astrofisika merupakan gabungan dari ilmu fisika dan astronomi.

13. Fisika Ekonomi

Fisika ekonomi adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari ekonomi dengan menggunakan metode fisika. Fisika ekonomi merupakan gabungan dari ilmu fisika dan ilmu ekonomi. Kerangka berpikir fisika digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam ekonomi.

Demikianlah penjelasan tentang Cabang Cabang Ilmu Fisika. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
13+ Cabang Cabang Penting Ilmu Fisika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar