Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Dimensi Tegangan Listrik, Begini Cara Menentukannya

Seperti apa sih bentuk dimensi tegangan listrik? Nah, di artikel kali ini, kakak akan menjelaskan cara menentukan dimensi tegangan listrik dengan menggunakan rumus.

Sebagaimana yang diketahui, tegangan atau beda potensial merupakan salah satu besaran dalam kelistrikan.

Besaran ini termasuk ke dalam salah satu contoh besaran turunan dan sama seperti besaran lainnya, tegangan listrik juga memiliki satuan.

Dalam SI, tegangan listrik dinyatakan dengan satuan volt (V). Satuan inilah yang bisa kita gunakan untuk mencari dimensi tegangan listrik.

Bagaimana caranya? Baiklah, berikut ini uraiannya....

Tegangan Listrik

Dimensi Tegangan Listrik

Dalam fisika, tegangan listrik adalah energi listrik yang diperlukan untuk mengalirkan setiap muatan listrik dari ujung-ujung penghantar.

Tegangan listrik disimbolkan dengan V, satuannya dalam SI adalah Volt (v), yang diambil dari nama seorang fisikawan, Alessandro Volta.

Apakah sesungguhnya volt itu? Jika ditulis dalam bentuk berbeda, maka volt itu sama dengan:

Volt = kg·m2·s-3·A-1

Menentukan Dimensi Tegangan Listrik

Penentuan dimensi tegangan listrik menjadi lebih mudah setelah satuan volt diubah ke dalam bentuk di atas.

Sekarang, coba perhatikan hasil perubahan satuan tersebut dan masukkan simbol dimensi dari masing-masing satuan. Berikut ini bentuknya:

  • kg =  M
  • m = L
  • s = T
  • A = I

Jadi, dimensi tegangan listrik adalah:

Dimensi Tegangan Listrik = kg·m2·s-3·A-1 

                                       = ML2T-3I-1

Dari dimensi di atas, kita juga bisa mengetahui bahwa tegangan listrik diturunkan atau tersusun dari besaran pokok massa, panjang, waktu, dan kuat arus listrik.

Gimana adik-adik, sangat mudah kan caranya? Kakak yakin kalian juga pasti bisa deh menentukan dimensi tegangan listrik. Cara di atas bisa diterapkan untuk penentuan dimensi besaran lainnya.

Nah, sekian dulu materi kali ini, tanyakan di kolom komentar apabila masih ada bagian yang belum dipahami. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Dimensi Tegangan Listrik, Begini Cara Menentukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar