Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Inilah Salah Satu Keuntungan Energi Matahari

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang keuntungan penggunaan energi yang berasal dari matahari.

Sebagaimana yang dipahami, matahari merupakan salah satu sumber energi yang sering dikembangkan sebagai energi alternatif.

Pengembangan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan energi yang sekarang ini lebih banyak ditopang oleh energi minyak bumi.
 
Manusia sadar bahwa tidak mungkin untuk bergantung selamanya pada sumber energi minyak bumi karena sifatnya yang tidak dapat diperbaharui.
 
Setiap hari, jutaan barel minyak bumi dipompa di kilang-kilang minyak yang tersebar di seluruh dunia dan hal ini sudah berlangsung sejak lama. 
 
Pada akhirnya nanti, minyak bumi itu akan benar-benar habis dan manusia tidak akan bisa menggunakannya lagi.

Itulah sebabnya mengapa sehingga akhir-akhir ini pengembangan energi alternatif semakin serius dilakukan, salah satunya adalah energi matahari.

Apa keuntungan dari penggunaan energi matahari? Baiklah, berikut ini pembahasannya...

Salah Satu Keuntungan Energi Matahari

Salah Satu Keuntungan Energi Matahari
 
Untuk diketahui, salah satu keuntungan dari penggunaan energi matahari adalah energi matahari tidak menghasilkan polusi.
 
Dengan kata lain, matahari tergolong sebagai sumber energi bersih (clean energy) sehingga sangat ramah lingkungan.
 
Hal ini berkat metode produksi energi yang tidak melibatkan proses pembakaran, melainkan hanya menggunakan cahaya dan panasnya saja.
 
Berbeda dengan minyak bumi yang sudah sejak lama menjadi sumber polusi terbesar bagi lingkungan akibat gas-gas berbahaya yang dihasilkan dari proses pembakaran.

Cara Menggunakan Energi Matahari

Cahaya dan panas matahari dikonversi menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya (solar panel) dan alat pengumpul panas matahari (solar thermal energy).
 
Misalnya pada panel surya sering yang digunakan pada pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), sinar matahari ditangkap lewat sel penangkap sinar (sel surya) yang bersifat fotovoltaik.
 
Ketika cahaya menyinari panel, maka sel akan menghasilkan elektron. Elektron tersebut kemudian mengalir ke larutan kimia di permukaan sel dan menghasilkan arus listrik.
 
Tidak hanya cahayanya saja yang menghasilkan listrik, tetapi kita juga bisa memproduksi listrik dari panas matahari.
 
 
Panas matahari dikumpulkan dengan bantuan cermin dan lensa pemusat agar panasnya bisa terkonsentrasi, disebut teknologi CSP (concentrated solar power systems).
 
Panas inilah yang digunakan untuk memanaskan cairan sehingga menghasilkan uap dengan suhu dan tekanan tinggi yang digunakan lebih lanjut untuk memutar generator penghasil listrik.

Kekurangan Energi Matahari

Meskipun energi matahari tidak pernah habis, namun energinya tidak tersedia sepanjang waktu.
 
Dalam 24 jam, kita hanya bisa menikmati energi matahari selama waktu terbit sampai terbenamnya saja, sedangkan di malam hari proses produksi energi akan berhenti.
 
Selain itu, energi matahari juga sangat bergantung dengan cuaca. Jika langit sedang mendung, produksi energi matahari tidak maksimal karena cahaya dan panasnya terhalang awan.

Kesimpulan

Jadi, salah satu keuntungan dari penggunaan energi matahari adalah energi matahari tidak menghasilkan polusi sehingga sangat ramah lingkungan.
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan salah satu keuntungan energi matahari? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Inilah Salah Satu Keuntungan Energi Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar