Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Alat Ukur Panjang yang Memiliki Ketelitian Paling Tinggi

Gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Di materi kali ini, kita akan belajar tentang alat ukur panjang yang memiliki tingkat ketelitian paling tinggi.
 
Sebagaimana yang dipahami, ada bermacam-macam alat ukur panjang, baik yang baku maupun yang tidak baku.

Namun, berbicara tentang ketelitian, tentu saja yang dimaksud adalah alat ukur panjang baku, sedangkan alat ukur tidak baku sudah pasti tidaklah teliti.
 
Ada bermacam-macam alat ukur panjang yang sering digunakan dalam pengukuran dan di antara alat tersebut ada satu yang paling teliti.
 
Alat ukur yang manakah itu? Baiklah, berikut ini pembahasannya... 

Alat Ukur Panjang yang Memiliki Ketelitian Paling Tinggi

Untuk diketahui, alat ukur panjang yang memiliki tingkat ketelitian paling tinggi adalah mikrometer sekrup (screw micrometer) dengan ketelitian sebesar 0,01 mm atau 0,001 cm.

Karena ketelitiannya ini, mikrometer sekrup bisa digunakan untuk mengukur ketebalan plat atau lembaran tipis, seperti seng dan kertas.

Berikut ini gambar alat ukur panjang mikrometer sekrup:

alat ukur panjang ketelitian tinggi

Penjelasan:

Mikrometer sekrup memiliki dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius. Skala utama terletak pada lingkaran dalam, sedangkan skala nonius terletak pada selubung lingkaran luar. 
 
Bagian utama mikrometer sekrup adalah sebuah poros berulir yang dipasang pada silinder pemutar yang disebut bidal
 
Pada ujung silinder pemutar ini terdapat garis-garis skala yang membagi menjadi 50 bagian yang sama. Jika bidal digerakkan satu putaran penuh, maka poros akan maju (atau mundur) 0,5 mm. 
 
Karena silinder pemutar mempunyai 50 skala di sekelilingnya, maka kalau silinder pemutar bergerak satu skala, poros akan bergeser sebesar 0,5 mm / 50 = 0,01 mm atau 0,001 cm. 
 
Pada saat mengukur panjang benda dengan mikrometer sekrup, bidal diputar sehingga benda dapat diletakkan di antara landasan dan poros. 
 
Ketika poros hampir menyentuh benda, pemutaran dilakukan dengan menggunakan roda bergigi agar poros tidak menekan benda. 
 
Dengan memutar roda bergigi ini putaran akan berhenti segera setelah poros menyetuh benda. Jika poros sampai menekan benda, pengukuran menjadi tidak teliti.
 
Pembacaan skala pada mikrometer sekrup dilakukan dengan menentukan atau mencari garis yang berimpit antara garis tengah skala utama dengan garis pada skala putar. 
 
Demikianlah pembahasan tentang alat ukur panjang yang memiliki ketelitian paling tinggi, terima kasih semoga bermanfaat.
Alat Ukur Panjang yang Memiliki Ketelitian Paling Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar