Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Penyebab Kaca Digosokkan Kain Sutera Menjadi Bermuatan Positif

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang hadirnya muatan positif pada kaca setelah digosok dengan kain sutera.

Materi ini adalah bagian dari pembelajaran tentang listrik statis dan fenomena tersebut merupakan salah satu contoh dari gejala listrik statis.

Nah, tahukah kalian mengapa sebatang kaca menjadi bermuatan positif ketika digosokkan dengan kain sutera? Coba jelaskan apa penyebabnya?
 
Belum tahu? Tenang aja, berikut ini kakak terangkan... 

Penyebab Kaca Digosokkan Kain Sutera Menjadi Bermuatan Positif

Batang kaca yang digosokkan kain sutera akan bermuatan positif, hal ini terjadi karena elektron berpindah dari kaca ke kain sutera.

Akibatnya, kaca kekurangan elektron dan kain sutera kelebihan elektron. Kondisi ini selanjutnya mengakibatkan muatan positif pada kaca lebih banyak dari muatan negatifnya.
 
Hal inilah yang menyebabkan batang kaca menjadi bermuatan positif. 
 
Kondisi sebaliknya terjadi pada kain sutera, setelah menerima elektron dari kaca mengakibatkan muatan negatifnya lebih banyak dari muatan positifnya.
 
Akibatnya, kain sutera menjadi bermuatan negatif.

Kesimpulan

Kaca Digosok Kain Sutera
Jadi, penyebab kaca yang digosokkan kain sutera akan bermuatan positif terjadi karena elektron berpindah dari kaca ke kain sutera.
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan penyebab hadirnya muatan positif pada kaca yang digosok kain sutera? Jangan lupa lagi yah.

Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Penyebab Kaca Digosokkan Kain Sutera Menjadi Bermuatan Positif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar