Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Penyebab Sebuah Drum Besi dapat Mengapung di Dalam Air

Adik-adik, materi kita kali ini akan membahas tentang fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari, yaitu terapungnya drum besi ketika berada di dalam air.

Fenomena ini tentu saja membuat orang penasaran sebab sebagaimana yang diketahui besi sangat mudah tenggelam dalam air.

Coba saja kalian lemparkan sendok ke dalam air dan lihat apa yang terjadi? Pasti sendok tersebut akan langsung tenggelam ke dasar air.

Namun, kenapa hal itu tidak terjadi pada drum besi? Apalagi, drum itu memiliki berat yang jauh lebih besar daripada sendok?
 
Nah, ternyata fisika memiliki penjelasan khusus terkait fenomena tersebut. Setelah membaca penjelasan ini, kalian pasti tidak akan heran lagi.

Baiklah, kakak mulai saja uraiannya...

Penyebab Sebuah Drum Besi dapat Mengapung di Dalam Air

Drum Besi Terapung di Air
 
Untuk diketahui, sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air. 

Kecilnya massa jenis drum itu terjadi karena sebagian besar rongganya terisi oleh udara, akibatnya volume udara menjadi lebih dominan.

Dominasi udara itulah yang akhirnya membuat drum terapung di dalam air karena massa jenis udara (1,225 kg/m3) jauh lebih kecil daripada massa jenis air (997 kg/m3). 
 
Beda halnya dengan contoh sendok di awal, keseluruhan tubuh sendok didominasi oleh besi sehingga tenggelam di dalam air karena massa jenis besi (7850 kg/m3) jauh lebih besar daripada air.

Benda Terapung, Melayang, dan Tenggelam di Air

Berdasarkan teori Archimedes, massa jenis menjadi faktor penentu apakah suatu benda terapung, melayang, atau tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air. Berikut ini ketentuannya:
  • Terapung, jika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air.
  • Melayang, jika massa jenis benda mendekati atau sama dengan massa jenis air.
  • Tenggelam, jika massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air.

Kesimpulan 

Jadi, sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air.
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan penyebab mengapa sehingga drum dapat mengapung di dalam air meskipun terbuat dari besi? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Penyebab Sebuah Drum Besi dapat Mengapung di Dalam Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar