Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Arus Listrik dapat Mengalir pada Rangkaian? Ini Jawabannya

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang kelistrikan, yaitu seputar jenis rangkaian yang dapat dialiri arus listrik.

Kalian pasti sudah tahu apa itu rangkaian listrik? Yah benar, rangkaian listrik adalah susunan alat-alat listrik yang dihubungkan dengan sumber listrik sehingga menghasilkan arus listrik.

Sebenarnya, materi seputar rangkaian listrik pernah kakak berikan di artikel sebelumnya. Kalian bisa membacanya di sini: Rangkaian Listrik.

Nah, tahukah kalian disebut apakah rangkaian yang dapat dialiri arus listrik?

Baiklah, berikut ini kakak terangkan...

Arus Listrik dapat Mengalir pada Rangkaian

Dalam ilmu kelistrikan, arus listrik hanya dapat mengalir pada rangkaian tertutup, yaitu rangkaian listrik yang semua bagian-bagiannya terhubung atau rangkaian yang tidak memiliki ujung dan pangkal.
 
Seperti apa bentuk rangkaian tertutup itu? Nah, berikut ini gambarnya:
Arus Listrik dapat mengalir pada rangkaian tertutup
Pada gambar di atas, terlihat bahwa arus listrik dapat mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif melalui konduktor (kabel) sehingga dapat menyalakan lampu karena semua bagian-bagiannya terhubung.

Kebalikan dari rangkaian tertutup disebut rangkaian terbuka, yaitu rangkaian listrik yang memiliki ujung dan pangkal karena ada bagian yang tidak terhubung.

Berikut ini gambar dari rangkaian terbuka:
Rangkaian Listrik Terbuka
Bisa kalian lihat pada gambar di atas, terdapat bagian yang putus sehingga memiliki ujung dan pangkal. Pada rangkaian seperti ini, arus listrik tidak dapat mengalir.

Kesimpulan

Jadi, arus listrik hanya dapat mengalir pada rangkaian tertutup, yaitu rangkaian listrik yang semua bagian-bagiannya terhubung atau rangkaian yang tidak memiliki ujung dan pangkal.
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan nama rangkaian yang dapat dialiri arus listrik? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arus Listrik dapat Mengalir pada Rangkaian? Ini Jawabannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar