Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Alasan Rel Kereta Api Dipasang Tidak Rapat

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan menjelaskan tentang penerapan prinsip-prinsip fisika dalam teknologi sehari-hari.

Alasan Rel Kereta Api Dipasang Tidak Rapat

Kalian pernah naik kereta api? Kalian tahu tidak bahwa ternyata rel-rel kereta api tersebut masing-masing sambungannya terpasang tidak rapat.

Namun, memang sengaja kok dipasang seperti itu, ada tujuannya. Fisika punya penjelasan khusus tentang mengapa rel kereta api tersebut dipasang tidak rapat.

Baiklah, berikut ini kakak terangkan...

Rel Kereta Api Dipasang Tidak Rapat

Jadi, rel kereta api dipasang tidak rapat karena mencegah terjadinya pemuaian panjang pada siang hari.
 
Dalam fisika, pemuaian panjang adalah bertambahnya ukuran panjang suatu benda disebabkan oleh kenaikan suhu.
 
Untuk mengantisipasi pertambahan panjang tersebut, maka di antara sambungan rel kereta api diberi celah antara dua batang rel agar rel tidak bengkok ketika terjadi pemuaian.
 
Jika tidak dibuat celah, maka yang terjadi adalah rel akan mengalami pembengkokan akibat batang-batang rel yang saling mendorong ketika terjadi pertambahan panjang.

Sebagaimana yang diketahui, rel kereta api terbuat dari logam, seperti baja atau besi yang rawan mengalami pemuaian saat suhunya meningkat.
 
Peningkatan suhu rel kereta api umumnya disebabkan oleh terik panas sinar matahari pada siang hari, serta panas yang dihasilkan dari gesekan antara roda kereta api dan rel.

Apa lagi saat terjadi cuaca panas ekstrem, maka resiko pemuaian pada rel kereta api semakin besar karena tingginya kenaikan suhu rel.
 
Sudah banyak kasus di mana rel kereta api bengkok atau melengkung akibat pemuaian di daerah-daerah yang sering terjadi cuaca panas ekstrem.

Tentu saja hal ini sangat membahayakan transportasi kereta api karena rawan membuat gerbong kereta api tergelincir.

Jadi, untuk menghindari pembengkokan, rel kereta api dibuat renggang pada sambungannya agar jika terkena panas, rel mendapatkan ruang pemuaian.

Kesimpulan

Jadi, rel kereta api dipasang tidak rapat karena mencegah terjadinya pemuaian panjang pada rel akibat kenaikan suhu pada siang hari.
 
Gimana adik-adik, udah paham kan mengapa sehingga rel kereta api dipasang tidak rapat? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Alasan Rel Kereta Api Dipasang Tidak Rapat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar