Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Partikel Bermuatan Positif yang Terdapat dalam Inti Atom

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang partikel penyusun bagian inti dari sebuah atom.
 
Secara sederhana, bentuk atom dapat digambarkan sebagai sebuah inti yang bagian luarnya dikelilingi oleh elektron-elektron bermuatan negatif.
 
Gambarannya hampir mirip dengan tata surya kita, di mana matahari diibaratkan sebagai inti atom dan planet diibaratkan sebagai elektron-elektronnya.

Di dalam inti terdapat partikel bermuatan positif, tahukah kalian apa nama partikel itu? Baiklah, berikut ini kakak terangkan...

Partikel Bermuatan Positif yang Terdapat dalam Inti Atom

Dalam fisika, partikel bermuatan positif yang terdapat dalam inti atom adalah proton dengan nilai muatan sebesar +1,602 x 10-19 Coulomb. Tanda plus (+) menunjukkan bahwa partikel ini membawa muatan positif.
partikel bermuatan positif inti atom
Di dalam inti, proton ditemani oleh partikel tidak bermuatan yang bernama neutron. Gabungan dari keduanya disebut nukleon.

Bersama-sama dengan elektron, partikel proton ikut menjadi penentu apakah suatu benda sedang bermuatan positif atau negatif.
 
Jika suatu benda muatan protonnya yang lebih dominan, maka benda itu bermuatan positif. Namun, jika muatan elektronnya yang lebih dominan, maka benda itu bermuatan negatif.
 
Sekedar informasi, muatan elektron sama besar dengan muatan proton, cuma berlainan tanda (muatan elektron = -1,602 x 10-19 Coulomb).

Kesimpulan

Jadi, partikel bermuatan positif yang terdapat dalam inti atom adalah proton dengan nilai muatan sebesar +1,602 x 10-19 Coulomb.
 
Gimana adik-adik, udah tahukan nama partikel bermuatan positif di dalam inti atom? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Partikel Bermuatan Positif yang Terdapat dalam Inti Atom Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar